"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 15 February 2018

Pemkab Situbondo Akan Fasilitasi Kemitraan Perternak sapi

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mengubah dari  peternak sapi tradisional menjadi peternak modern,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo akan menfasilitasi Peternak sapi dengan PT Santosa Agrindo.

"Kerjasama di bidang peternakan ini bukan saja memelihara ternak, melainkan juga cara mengelola peternakan menjadi industri yang bisa menguntungkan bagi peternak" Demikian disampaikan Bupati Situbondo, Dadang dalam Pemaparan dihadapan  perwaklan PT. Santosa Agrindo dan perwakilan peternak,  Kamis(15/2/2018).

Sementara Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi,  mengaku akan menjadi orang pertama yang siap menjalin kerjasama kemitraan pengelolaan ternak sapi dengan PT. Santosa Agrindo. Wabup  akan membuat sentra ternak percontohan di Situbondo, agar masyarakat tidak ragu ikut bergabung dengan model kemitraan.

"Selain mengelola ternak sapi, peternak akan mengelola kotoran dan pakannya secara mandiri sehingga bernilai ekonomis. Dan akan diolah sehingga memiliki nilai jual, seperti pupuk organik, biogas dan sebagainya, sehingga peternak akan memiliki keuntungan jauh lebih besar dibandingkan mengelola sendiri" ujar wabub.

Melalui kerjasama kemitraan bidang peternakan ini, lanjut Wabub,  siapa saja boleh menjadi peternak. Sapi dan pakannya akan disiapkan oleh pihak perusahaan, sedangkan peternak hanya menyiapkan kandang dan hanya akan mengelolanya”, jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Aries Marhaento, menurutnya peternak akan diberi kemudahan mendapatkan ternak sapi, serta akan difasilitasi mulai dari pakannya hingga pengelolaan kotoran sapi dengan melalui kerjasama kemitraan ini juga system peternakan akan dikelola seperti manajemen usaha.

Aries menambahkan, saat ini jumlah sapi di Situbondo sekitar 165 ribu ekor. Selama ini sebagian besar peternak Situbondo masih sangat tradisional. Oleh karena itu kata Aries, melalui kerjasama kemitraan tersebut, para peternak akan mulai dirubah pola dalam mengelola ternak sapi.

Lebih jauh, Aries mengatakan, Melalui kerjasama kemitraan ini, penyebaran ternak sapi akan lebih meluas, karena pihak ketiga akan memberikan bantuan ternak dengan model kerjasama kemitraa. saat ini sentra peternakan sapi masih berpusat di sejumlah Kecamatan di Situbondo.( edo).

Berita Terkait Pertanian

No comments: