"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 15 February 2018

Puluhan Benda Berbahaya Ditemukan Di Lapas Jember



Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tim gabungan penemukan puluhan benda berbahaya dalam inspeksi mendadak (Sidak) pemeriksaan setiap Warga Binaan dan ruangan kamar tidur Lapas Klas IIA Jember.

Sidak yang dilakukan tim Gabungan yang terdiri  dari Polres Jember dan Badan Nasional Narkotika Jember, Satgas Korwil Besuki, dan petugas Lembaga Pemasyarakatan Jember ini dimaksudkan untuk menganstisipasi mengantisipasi beredarnya obat terlarang di dalam penjara.

"Sidak ini dilakukan menyusul telah ditemukannya penyebaran barang obat berbahaya seperti kejadian sebelumnya, yang telah ditemukan obat keras berbahaya sekitar dua ribu butir oleh petugas." ungkap Kompol Muhammad Lutfi Kabag Ops Polres Jember, Kamis (15/2/2018).


Petugas langsung memeriksa semua narapidana dan tempat tidur di semua kamar untuk mencari barang berbahaya yang dilarang keberadaanya di dalam lapas yakni, Korek api, sabuk dan benda tajam (sendok-gunting), utama nya Norkoba dan Okerbaya.

Pantauan media sejumlah petugas keamanan telah menemukan beberapa barang bukti berupa alat pembuat tatoo, gunting, korek api dan ikat pinggang termasuk barang-barang lain yang dilarang keberadaannya berada di kamar naripidana. 

Menurut Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan Kanwil Jawa Timur Giri Purbadi, penyebabnya masih adanya kesempatan menyalahi aturan. "Hampir seluruh penghuni di Jawa Timur melebihi kapasitas, hal ini menjadi salah satu penyebab adanya kesempatan menyalahi aturan." Ungkapnya.

Namun kita tidak boleh terlena, harus tetap waspada sejak dini, mecegah sebelum barang terlarang itu beredar itu lebih baik. "Meski demikian, untuk memastikan obat berbahaya tersebut apa sudah beredar atau tidak  dikalangan lapas itu sendiri, maka dilakukan Sidak gabungan." Jelasnya.

Menurut Ketua Lapas Klas IIA Jember, Sarju Wibowo bahwa dalam oprasi kali ini, petugas tidak menemukan  sejumlah Narkoba dan Okerbaya, tim gabungan hanya menemukan Korek api, sabuk, dan gunting serta alat tato, yang sudah kami amankan." Jelasnya (edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: