"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Friday, 23 March 2018

Ayam Broiler Situbondo Banyak Yang Mati Akibat Cuaca Ekstrim


Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat cuaca Ekstrim, ratusan ayam Boiler di Situbondo, terserang influenza, stres, dan mati mendadak, akibatnya para peternak resah, karena terancam merugi.

"Akibat cuaca buruk dan sering hujan, tidak sedikit ayam para peternak banyak yang terserang penyakit, akibatnya  ayam sering mati mendadak, kalau sudah demikian bagaimana, pasti orangnya ikut setres juga karena ayamnya banyak yang matii," Keluh Hartatik salah satu peternak, Jumat, (24/03/2018).

Hal yang sama disampaikan Suryadi, menurutnya, hampir setiap hujan turun  sedikitnya 5 hingga 10 ekor ayam yang mati. Ia mengaku kondisi seperti ini telah berlangsung selama hampir dua minggu, sehingga apabila ditotal ayamnya yang mati mencapai ratusan ekor dengan kerugian mencapai  jutaan rupiah.

Akibat cuaca buruk, ayam kedingan dan bulunya ontok. "Kerugian mencapai jutaan rupiah. Apalagi, selama musim hujan ini ayam-ayam menghabiskan banyak pakan, untuk menambah energi melawan udara dingin, padahal, segala upaya sudah dilakukan, seperti menyemprot kandang dengan desinfektan," Keluhnya.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo, Aries Marhaento mengaku selama ini belum tahu dan tidak ada laporan tentang kejadian tersebut, namun pihaknya membenarkan jika selama musim penghujan biasanya ini banyak ayam rentan terserang berbagai macam penyakit.

Namun pihaknya berhanji akan turun ke peternak untuk antisipatif apa ada  serangan virus flu burung, karena bila itu dibiarkan akan dapat mengancam keselamatan jiwa manusia juga. "Yang pasti  hingga sampai saat ini kami masih belum mendapat laporan, Untuk itu akan  kami cek lapangan dulu ya,” Katanyya.

Menurutnya, populasi ayam di Kabupaten Situbondo memang didominasi oleh ayam Jenis boiler dan, minim sekali populasi untuk ayam kampung. Total populasi ayam yang terdata saat ini mencapai ribuan  ekor, yang diperlihara oleh sejumlah peternak di Situbondo. (edo).

Berita Terkait Pertanian

No comments: