Translate

Iklan

Iklan

Bupati Situbondo Ajak Warga Membiasakan Hidup Sehat

3/04/18, 22:43 WIB Last Updated 2018-03-05T06:14:12Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo bekerja sama dengan Kecamatan Situbondo Minggu, (4/3/2018) deklarasi ODF di Kelurahan Dawuhan dan Desa Kotakan, Situbondo.

Tampak hadir dalam deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, yaitu Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto,SH, didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pemeringah Kabupaten (Pemkab) Situbondo Hj Umi Kulsum, SH.

Tampak hadir juga Kepala Dinas lingkungan hidup, Kholil, SP. MP, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kadis Kesehatan, Abu Bakar Abdi, Ketua Forum kota sehat, kapolsek, danramil, Kades Kotakan, lurah Dawuhan dan lurah Patokan Situbondo.

Bupati, Dadang, menyambut baik  deklarasian ODF di di Kelurahan Dawuhan, Kelurahan Patokan dan Desa Kotakan sebagai bentuk dukungan secara spontan. Bupati H.Dadang juga memberikan piagam deklarasi ODF kepada Kepala Desa Kotakan dan juga kepada dua Lurah di wilayah Kecamatan Situbondo.

“Tujuan deklarasi ODF ini untuk merubah prilaku hidup sehat tanpa buang air besar di sembarang tempat, baik di sungai maupun ditempat lainnya.  "Jika sepanjang sungai tidak ada orang buang air besar, maka kesehatan warga akan lebih terjamin,"  kata Bupati yang sudah menjabat dua periode ini.

Dadang juga berharap agar masyarakat ikut andil dalam menjaga kebersihan di wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai, karena tahun 2019 Situbondo sudah harus menjadi tujuan wisata untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Abu Bakar Abdi, “Perlu kesadaran tiga komponen untuk mendukung program ini, yaitu pemuda sebagai generasi bangsa, kelompok perempuan meansosialisasi kepada para ibu-ibu. Dan organisasi sosial menyampaikan dampak lain jika melakukan BAB di sembarang tempat.

Jika semuanya bersatu, maka tujuan tersebut akan terwujud. "Jika tiga komponen ini bisa bersatu untuk mendukung program pemerintah ini, Insyallah Kabupaten Situbondo yang dikenal dengan Bumi Sholawat Nariyah ini, kedepan akan terbebas dari ODF," pungkasnya. (mam).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Situbondo Ajak Warga Membiasakan Hidup Sehat

Terkini

Close x