"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Sunday, 4 March 2018

Festival Bala Ganjur dan Ogoh-ogoh Perekat Umat Beragama Di Banyuwangi

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Umat Hindu Banyuwangi, perlu berbangga, sebab di Banyuwangi Indonesia Festival 2018, tradisi ini diangkat jadi agendanya, yakni Bala Ganjur dan Pawai Ogoh-ogoh.

Festival ini diikuti seluruh umat Hindu se Kecamatan Purwoharjo dan beberapa dari kecamatan lain. Sedikitnya 35 peserta ikut meramaikan acara perdana ini. Route Pawai Ogoh-ogoh berawal dari lapangan Desa Karetan dan berakhir di Stadion Purwoharjo.

Selain Bupati Anas beserta istri, hadir juga Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Drs Suminto, MM, anggota DPRD Banyuwangi Komisi 3 Eko Hariono, SPd, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bramuda, Forpimda Banyuwangi, pemangku umat Hindu serta tokoh pemuka agama lain.

Aparat Polsek Purwoharjo, Bangorejo, Siliragung, Pesanggaran bekerjasama dengan Koramil Purwoharjo, Satpol PP dan Linmas dan pecalang menjaga keamanan acara ini.  "Kami membantu memperlancar dan mengamankan kegiatan itu," aku Kapolsek Siliragung, AKP Endro Abrianto.

Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas menyatakan, kegiatan itu bukan semata-mata mengundang wisatawan mancanegara saja, melainkan ada yang lebih bermakna lagi yakni menjalin persaudaraan antar umat beragama. "Kalau sukses, kami berjanji akan mengadakan dua kali per tahunnya," janjinya.

Sementara Ketua Panitia, Mariono, kegiatan ini untuk melestarikan budaya leluhurnya. Selain memajukan kepariwisataan, khususnya Kecamatan Purwoharjo. "Kami sangat berterimakasih pada Bupati Anas dan para tokoh agama lain yang bersedia mengikuti acara yang kami selenggarakan ini," ujarnya. (kim)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: