"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Tuesday, 6 March 2018

Menpanrb Asman Minta LIPI Optimalkan Peran Peneliti

Bogor, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Sebagai lembaga riset negara berkelas dunia,  LIPI diharapkan dapat mengambil peran dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah.

Dalam hal penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai special agency yang mempunyai tugas, yang terbagi atas ilmu kebumian, ilmu hayati, ilmu teknik, dan ilmu sosial dan kemanusiaan.

Rumpun ilmu dimaksud didasarkan pada kebutuhan hasil penelitian kementerian.  Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Asnan Abnur  dalam acara Rapat Kerja LIPI, yang digelar Bogor, Selasa (06/03).

Usman mencontohkan, , untuk penelitian ilmu hayati digunakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan serta kesehatan.

Menurutnya di jaman seperti saat ini perlu adanya penguatan daya saing bangsa salah satunya dilakukan melalui penguasaan dan pemanfaatan IPTEK, rekrutmen SDM penelitian dan pengembangan yang berkualitas, inovasi berkelanjutan, perbaikan tata laksana hasil litbang, dan pembangunan infrastruktur litbang. Dalam rangka mendukung penguatan daya saing tersebut, LIPI perlu mengoptimalkan peran peneliti dari seluruh rumpun ilmu yang ada saat ini.

Disampaikan jika penguatan dalam bidang penelitian perlu dilakukan terutama dalam hal kelembagaan penelitian dan pengembangan, hal yang perlu dilakukan adalah pemanfaatan hasil litbang digunakan sebagai evidence based policy khususnya dalam pengambilan putusan. Selain itu, pemanfaatan hasil litbang merupakan bagian integral bagi pembangunan sosial dan ekonomi termasuk untuk industri.

Ditambahkan,  litbang pada masing-masing kementerian/lembaga diharapkan dapat sinergis dan terpadu sehingga hasil litbang yang diperoleh menjadi optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan bisnis proses pada litbang. Selain itu perlu Inovasi litbang agar kualitas penelitian dan pengembangan diakui oleh berbagai negara. “Penganekaragaman hasil litbang diperlukan sebagai upaya pengembangan penelitian dan pengembangan,” imbuh Asman.

Menurut Asman, hal yang perlu dilakukan untuk penguatan dalam bidang penelitian ialah peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia di bidang litbang. Hal tersebut merupakan pengungkit utama (leverage) agar hasil litbang semakin optimal.  “Sehubungan dengan hal-hal tersebut, maka diperlukan penguatan peran LIPI sebagai research and development single agency agar peningkatan kualitas litbang dapat optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya berharap agar hal hal yang berhubungan dengan penelitian dan pengembangan harus dapat menunjang pemerintah dalam rencana penyusunan kebijakan. Jangan sampai peran LIPI tidak optimal sehingga berdampak pada tidak dapat dipergunakannya hasil penelitian tersebut. (Humas Menpanrb).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: