"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 14 March 2018

Ratusan Juta Dana Eks SPP PNPM MP Di Jember ‘Bocor’



Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes), geram, saat mengetahui dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dana eks PNPM MP di Gumukmas macet dan bocor.

Hal itu dtemukan saat rapat evaluasi Musyawarah Antar Desa (MAD) di Pendopo Kecamatan Gumukmas yang dihadiri 8 Kepala desa. Demikian ungkap Kepala Dispemasdes, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Eko Heru Sunarso Kepada sejumlah media (Rabo, 14/3/2018) dengan nada geram  

Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Jember ini menjelaskan bahwa dari jumlah keseluruhan dana awal hibah bergulir untu SPP tanpa anggunan yang mencakup 560 kelompok ini hanya 39 Milyar, namun setelah 3 tahun menjadi 93 Milyar, sehingga SSP di Jember ini menjadi yang terbaik.

 "Tim audit temukan kredit macet kurang lebih 669 juta dan uang dari kelompok yang sudah disetor ke oknum UPK sebesar 248 juta, sehingga dana sebesar itu tidak bisa bergulir, dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan Kejaksaan dan Kepolisian”, tegasnya.

Perbuatan itu diduga dilakukan oknum Unit Pengelola Kegiatan (UPK), pasalnya beberapa kelompok yang sudah setor, tidak masuk ke lembaga, akibatnya keuangan di kelompok dari desa Tembokrejo, Gumukmas, Menampu, Karangrejo, Mayangan Kepanjen, Bagorejo dan Purwoasri, tidak bergulir.

Untuk itu dirinya akan mengevaluasi kinerja BKAD, UPK dan sejumalah kelompok . "Setelah itu akan kami akan berkerjasama dengan Kejaksaan Negeri dan Polres Jember untuk proses hukumnya, karena pelaksanaan pengelolaan dana SPP ini sudah menyimpang," pungkas Heru. (edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: