Translate

Iklan

Iklan

Ribuan Umat Hindu Gelar Ritual Melasti Di Pantai Jember

3/11/18, 18:30 WIB Last Updated 2018-03-11T16:02:02Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan umat hindu dari beberapa daerah Minggu, (11/3/2018) pagi padati pantai selatan Paseban, Kencong Kabupaten Jember untuk melangsungkan upacara melasti.

Kegiatan doa yang disertai larung sesaji umat Hindu dari Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang sejak pukul 07.00 untuk menyambut hari raya nyepi 1940 yang jatuh pada Sabtu 17/3/2018 mendatang ini dimaksudkan mendapatkan berkah dan dijauhkan dari segala malapetaka.

Tabuhan Gambur dan kenongan dan semerbak Dupa menambah suasana khidmat dan nuansa sakral peribadatan bertema Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Ke Bhinekaan Berbangsa Dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI ini.

Sebelum proses pelarungan jolen Umat hindu dari 12 Pure di Kabupaten Jember dan 2 pure dari Bondowoso maupun Situbondo yang berjumlah lima ribuan umat tersebut melakukan berbagai prosesi upacara keagamaan seperti ucap syukur dan juga lakukan doa doa sakral dalam kegiatan tersebut. 

Ubo rampe seperti Buah buahan hasil kebun dan juga padi, dari hasil sawah dan juga ternak dari hasil warga umat hindu tak luput juga buat acara prosesi melasti sambut hari raya nyepi saka 1940 yang jatuh pada hari Sabtu (17/3) mendatang tersebut. 

Berbagai Sesembahan lain seperti bunga dan pemberkatan yang dilakukan pemangku adat tak luput juga dari serangkaian yang tak terpisahkan dari berbagai prosesi melasti yang di mulai pukul 07.00 hingga 11.00 selesai tersebut. 

Menurut Ketua Panitia Prosesi Melasti, Wahyu Widodo Spd Selain prosesi melasti juga ada rangkaian lain yaitu Upakara Catur Brata penyepian, dan pawai ogoh ogoh yang dilakukan pada Jumat malam tanggal 16 dan setelah itu melakukan puasa apati geni, apati lelalungan dan apati karya.

Selain itu ketika jolen dilepas ke laut akan dibuat rebutan warga ataupun umat hindu sendiri seperti buah buahan dan juga berbagai jenis ubo rampe yang telah kita lakukan doa doa keagamaan.”Kita berharap kedepan agar Kebhenekaan semakin nyata dan antar sesama tetap terjalin baik. “ Harapnya.

Hal senada di ucapkan salah seorang jemaat, Astari Putri, (23) asal Jember dari Pure Amerta Asri, dirinya berharap Semoga kedepan lebih baik, persatuan bangsa makin terjalin erat, upacara melasti dan rangkaian prosesi ogoh ogoh juga akan semakin banyak yang datang. (edw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Umat Hindu Gelar Ritual Melasti Di Pantai Jember

Terkini

Close x