"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 25 April 2018

Siswa di Jember Sulap Sampah Plastik Jadi BBM

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Jember sulap sampah plastik bungkus makanan dan minuman jadi Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium, Solar dan Minyak Tanah.

Pemanfaatan sampah ini lantaran semakin bertambahnya sampah plastik,  yang merupakan sampah tak terurai dan sangat membahayakan lingkungan. Sampah non organik yang tak dapat terurai oleh mikroba inilah yang diproses menjadi BBM.

Proses pembuatan energi terbarukan ini menurut Danang Suprayogi, salah-satu Siswa setempat dilakukan dengan sistem destilasi penyulingan suhu tertentu, yakni suatu metode pemisahan campuran atau penyulingan yang didasarkan pada perbedaan tingkat volatilitas pada suhu dan tekanan tertentu.  

“Sampah yang sudah dibersihkan dengan air dan dikeringkan, kemudian dimasukkan destilator yang berguna untuk proses pembakaran, pemisahan dan penguapan.  “Proses destilasi dilakukan sekitar empat jam itu menghasilkan tiga jenis bahan bakar minyak”, Jelasnya, Kamis (25/4/2018).

Hal senada dijelaskan Guru Pembimbing Evi Silviana, menurutnya untuk titik didih suhu berkisar 70 sampai 140 derajat celcius akan menghasilkan premium, suhu 180 derajat akan mengasilkan minyak tanah dan suhu 270 derajat celcius mengasilkan solar.

“Untuk sementara, BBM yang dihasilkan ini digunakan untuk mesin pemotong rumput di sekolah,  sehingga dapat menghemat pengeluaran bahan bakar. “Kedepannya akan dilakukan pembaruan inovasi dan penelitian laboratorium untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih sempurna”, jelasnya. (eros/min).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: