Translate

Iklan

Iklan

Teladani Kartini, Kades di Jember Sulap Pasar Krempyeng Jadi Destinasi Wisata

4/21/18, 18:37 WIB Last Updated 2018-04-21T12:04:00Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Teladani  Pejuangan Kartini, Pemerintah Desa Sidomekar Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember Sabtu (21/4/2018) sulap pasar ‘Krempyeng  menjadi Destinasi wisata.

Tak ayal suasana pasar yang terletak di dusun Babatan yang sebelumnya identik dengan kumuh  itu kini menjadi bersih nan indah. Tampak lapak pedagang dicat Warna warni dan tembok digambar lukisan suanana pasar Tempo doeloe.

Batu-batu disepanjang plengsengan sungai didepan pasar juga cat warna warni. "Semua ini dilakukan secara gotong royong oleh warga, "Kata Kepala desa Sidomekar Sugeng Priyadi saat di konfirmasi sejumlah awak media di lokasi kegiatan. 

Hari Kartini ini dipilih sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan pahlawan emansipasi di Indonesia.  Tampak para pedagang pasar dan Pembeli memakai kebaya.  "90% pedagang di pasar ini adalah kaum ibu ibu, dimana 30% nya adalah tulang punggung keluarganya, " jelasnya. 

Menuruta Ketua PKK Desa Sidomekar Indrijati bahwa kegiatan ini tidak hanya menghargai jasa pahlawan, tapi menciptakan pasar kumuh menjadi bersih, selain bisa menjadi destinasi wisata baru,  juga dapat memberikan daya tarik bagi pembeli.

"Disamping merubah lingkungan kumuh menjadi bersih, dihaparkan juga dapat mendongkrak perekonomian warga, secara otomatis akan dapat menjadi Pendapatan Desa , " ujar ketua PKK yang juga Anggota DPRD Jember fraksi PDI Perjuangan ini.

Ide kreatif inijadi d aya tarik sendiri, apalagi dihibur kesenian tradisional Jaranan,  tampak rombongan  murid TK terlihat  atusias.  “Kegiatan ini menginspirasi mas, bisa memberi edukasi,  saya berharap bisa dipertahankan, " ujar Suwarno salah-satu pengunjung asal Bangsalsari. 

Momen peringatan hari Kartini diawali apel oleh perangkat desa dan Pedagang, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul dengan lagu RA Kartini serta Pembacaan Puisi "Kartini" oleh Yuana Nindi Diatmika ( 16 ) warga desa Setempat. (yond).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Teladani Kartini, Kades di Jember Sulap Pasar Krempyeng Jadi Destinasi Wisata

Terkini

Close x