Translate

Iklan

Iklan

Dinsos Situbondo Sembuhkan Orgil Dengan Terapi Komunikasi

5/28/18, 21:57 WIB Last Updated 2018-05-29T13:39:27Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo Jawa Timur, secara bertahap berhasil menyembuhkan tiga dari enam orang gila (orgil), satu diantaranya perempuan.

Pemulihan penderita gangguan jiwa yang ditampung di Shelter  dengan pendekatan melalui curhat dan komunikasi aktif sejak beberapa waktu lalu ini dianggap mampu untuk pemulihan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tutur Kepala dinas Sosial Situbondo H . lutfi joko Prihatin, Senin (28/05/2018)

Paling penting, lanjut Lutfi  berbagai dan perhatian tanpa melibatkan kekerasan menjadi pokok utama pemulihan penderita gangguan jiwa. Hukuman kepada penderita dengan kekerasan tidak akan efektif.  “Kami punya cara tersendiri ketika ada penderita yang beringas dan susah untuk dikendalikan”, jelasnya.

Dinas Sosial Situbondo Lanjutnya secara rutin berkomunikasi dengan penderita gangguan jiwa. “Awalnya tidak nyambung kalau ngobrol tapi lama kelamaan mereka mengenali dan nyambung obrol pun nyambung. Penderita gangguan jiwa ini paling suka makan, dikasih setiap jam pun akan dihabiskan. Lanjutnya.

Kita cukupkan kebutuhan makan mereka, bila perut kenyang maka aliran darah akan lancar dan bisa berfikir, penderita akan paham dan tau siapa yang mengurus mereka dengan begitu terapi kita akan masuk karena munculnya kepercayaan jika kami di sini bukan untuk menyakiti mereka," jelas Lutfi .

Dinas Sosial memberikan perhatian penuh terhadap keberadaan orang gila.”Orang gila ini memang jadi perhatian kami, dan secara khusus untuk menangani keberadaan orang gila kami harus dengan ekstra  sabar dalam proses pemulihan orgil  bisa kembali mengingat siapa dirinya,” pungkasnya. ( edo)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinsos Situbondo Sembuhkan Orgil Dengan Terapi Komunikasi

Terkini

Close x