Translate

Iklan

Iklan

Hilal Di Pelabuhan Kalbut Situbondo Jatim Tidak Tampak

5/15/18, 23:21 WIB Last Updated 2018-05-16T11:25:02Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hasil pengamatan bulan (Hilal) dilokasi pelabuhan Kalbut, desa Semiring, kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Jawa Timur hingga Selasa (15/5/2018) sore tidak tampak.

Pasalnya posisi bulan sudah berada di bawah garis yang memisahkan bumi dan langit (di bawah ufuk). "Hasil pengamatan yang kami lakukan bulan tidak terlihat karena  posisi matahari di bawah 2 derajat ," kata Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Situbondo, Irfan Hilmi, usai melakukan pengamatan bulan (hilal).

Pengamatan bulan ini menurutnya untuk menetukan awal bulan Puasa Ramadhan 2018 di Pelabuhan Kalbut, ini tidak hanya dilakukan oleh petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Situbondo saja. “Namun dari Kabupaten Jember, Probolinggo dan Bondowoso serta Kabupaten Banyuwangi turut bergabung melakukan pengamatan bulan (rukyatul hilal)”, jelasnya.

Menurutnya,  pada pukul 17.09 WIB bulan terlebih dulu terbenam, sedangkan matahari terbenam pada pukul 17.13 WIB sehingga bulan tidak dapat terlihat karena sudah berada di bawah "ufuk". "Apapun hasilnya nanti kami laporkan ke Pusat dan Kementerian Agama yang menentukannya," paparnya. (edo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hilal Di Pelabuhan Kalbut Situbondo Jatim Tidak Tampak

Terkini

Close x