"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Monday, 18 June 2018

Janji Cawagub Jatim Puti Pada Petani Hutan, Nelayan dan Warga Jember

Cawagub Jatim Puti saat menyaksikan proses pembuatan Terasi Puger
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Saat ke Jember, Senin (18/6/2018), Calon Wakil Gubernur (Cawabub) Jawa Timur Puti Sukarno Putri (Puti) janjikan sejumlah program jika terpilih pada 27 Juni 2018 nanti.

Salah-satu janji disampaikan saat berkunjung dan menerima keluhan Yateni, ketua organisasi perjuang tanah, Wadah Aspirasi Warga Petani (Wartani) yang saat ini sedang berkonflik lahan tanah seluas 332 Hektar dengan PTPN XII di desa Curah Nongko kecamatan Temporejo.

Meski tidak mengulas detail  langka yang akan diambil, namun wakil dari Syaifullah Yusuf  yang didampingi Timses dan Ketua DPC PDI Perjuangan Jember, Tabroni ini berjanji akan terus mendorong Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 39 / 2017 yang memberikan ruang, warga untuk mengelola tanah hutan.

“Yang tidak kalah penting adalah hutan harus dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, dan warga harus bisa menjaga ekosistem kelestarian lingkungan. Dari pada tidak di kelola, terbengkalai, lebih baik di kelola dan bisa meningkatkan hidup masyarakat," harapnya dihadapan ratusan petani.

Pilihan untuk penguatan ekonomi dipilih lantaran wakil paslon Nomor Urut 2 ini, melihat sendiri bahwa saat ini warga masih menjual hasil hutan seperti pisang masih mentahnya, untuk  dapat nilai lebih harus dikelola, misalnya  kripik pisang, seli pisang, termasuk cara pengemasan dan penjulannya”, lanjutnya.

Sementara saat berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kecamatan Puger, para nelayan mengeluhkan buruknya infrastruktur di TPI, seperti  selokan yang belum ditutup sehingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap akibat bau got (selokan).

Para nelayan juga ingin mendapatkan permodalan, untuk pengembangan usahanya. “Untuk nelayan, kami mempunyai program “Tampan Sejati”, penguatan pertumbuhan pusat ekonomi baru, seperti lelang pasar ikan dijadikan seperti modern, mencetak petani atau nelayan dari anak muda”, katanya.

Para nelayan juga akan diberikan pendampingan dan pelatihan, permodalan dan pemasyarannya. "Seperti UKM Terasi khas Puger harus dibantu, karana para perempuan ini bekerja menjadi tulang punggung ekonomi keluarga”, lanjut Puti yang berkesempatan menyaksikan pembuatan terasi puger dengan cara tradisional itu.

Untuk meringankan beban warga miskin Paslon Gus Ipul – Puti juga kan meluncurkan  program pendidikan gratis berkelanjutan untuk SMA/SMK Negeri, syukur-syukur kami bisa memberikan biasiswa hingga sampai ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga tidak ada lagi anak yang putus sekolah " ujar mantan anggota DPR RI

Yang terakhir ia juga menjanjikan akan merintis agar ada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) hingga Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Jawa Timur Khusus perempuan. “agar program ini terwujud kami mohon doa restu dan dukungannya”, harapnya.

Untuk itu Puti berharap kepada warga Jember agar pada pemilihan yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 nanti datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing dan memilih Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2 Puti Guntur Sukarno Putri – Syaifullah Yusuf (Gus Ipul – Puti). (eros/edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: