"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 28 June 2018

Pemerintah Canangkan Gerakan Masyarakat Sadar LAPOR

Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah akan melakukan mensosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SPAN) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Pencanangan gerakan ini akan digelar serentak di tujuh kota besar di Indonesia saat Car Free Day pada Minggu (15/07) mendatang. Demikian disampaikan Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa,

Sosialisasi ini akan diselenggarakan, serentak di DKI Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Palembang. “Aplikasi ini juga akan digaungkan di media sosial dengan tagar #AyoKenalLAPOR dan #GerakanSadarLAPOR”, jelasnya.

Gerakan ini untuk meningkatkan peran aktif masyarakat untuk meningkatkan pembangunan pelayanan publik yang baik. “Sasarannya menjadikan SP4N-LAPOR! sebagai kanal pengaduan pelayanan publik nasional yang digunakan masyarakat,” jelas Diah, saat memimpin rapat dengan perwakilan daerah, di Jakarta.

Pasalnya saat ini, katanya masih banyak komplain dari masyarakat mengenai pelayanan publik. “Tugas kita semua untuk menghadapi tantangan yang ada. Harapan masyarakat terhadap kita juga masih banyak,” imbuh Guru Besar Universitas Sriwijaya ini.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan lanjutan dari safari #KenalLAPOR!saatMudik yang dilakukan pada 8 hingga 14 Juni lalu di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa. Selama cuti bersama dan libur Lebaran 2018, sebanyak 1.607 laporan diterima melalui aplikasi, SMS ke 1708 dan web: lapor.go.id

Topik yang paling banyak dilaporkan masyarakat adalah soal kemacetan, Tunjangan Hari Raya (THR), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan ketenagakerjaan. Atas laporan itu, Kementerian PANRB meneruskannya ke unit kerja atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Berkembangnya permasalahan di masyarakat juga ‘memaksa’ pemerintah mengembangkan sistem pelaporan yang lebih modern, transparan, cepat, dan terpercaya. “Pelayanan publik itu dinamis. Kita buktikan pada masyarakat bahwa kita tidak diam, kita selalu bergerak,” tegas Diah. (don/hms/eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: