"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Tuesday, 7 August 2018

Menpan Minta Imigrasi Tanjung Perak Surabaya Tetap Buka di Jam Istirahat

Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meminta Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya tetap buka di Jam Istirahat.

Para petugas  diminta untuk selalu memberi layanan optimal dengan mengedepankan jiwa hospitality. Demikian ditegaskan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PANRB, Diah Natalisa saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya, Selasa (07/08/2018).

Kunjungan ke Imigrasi Tanjung Perak merupakan lanjutan dari kunjungan ke sejumlah penyelenggara pelayanan publik di Jawa Timur, Senin (06/08/2018).  Kunjungan dilakukan di Polres, Kantor Pertanahan, Pengadilan Negeri, di Banyuwangi dan Situbondo.

Peningkatan  fasilitas pelayanan, lanjutnya, untuk mengantisipasi semakin banyaknya  masyarakat yang membutuhkan layanan keimigrasian. “Kunjungan Kerja ini untuk memberikan dorongan kepada penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta tindak lanjut pengaduan”, jelasnya.

Pasalnya Kantor Imigrasi kelas I Tanjung Perak dinilai sangat penting, karena layanan keimigrasian sangat dibutuhkan.  Di Kota Pahlawan ini, Kantor Imigrasi juga membuka pelayanan di Mal Pelayanan Publik, yang  berada di Gedung Siola, dan tahun lalu menambah pelayanan di Bojonegoro. 

Lebih lanjut Diah mengatakan, pihaknya juga mendorong warga masyarakat agar tidak segan-segan menyampaikan pengaduan bila ada pelayanan yang kurang baik. Penyelenggara pelayanan juga harus menyambut baik. “Pengaduan masyarakat menjadi ruang untuk memperbaiki pelayanan,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Guru Besar Universitas Sriwijaya ini juga berdialog dengan warga. Menurutnya, secara umum penyelenggaraan pelayanan sudah baik.  Hal tersebut dibuktikan dengan dipasangnya maklumat pelayanan, ada survei kepuasan publik.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya, Romi Yudianto mengungkapkan, sesuai dengan arahan Dirjen Imigrasi pihaknya telah melakukan sejumlah inovasi. Salah satunya, menerapkan pengambilan nomer antrian secara online, menyediakan jalur khusus difabel dan lansia.

Dirinya menyambut baik kunjungan kerja dari Diah Natalisa. “Kami berharap kunjungan tersebut dapat meningkatkan semangat dalam memberi pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga dapat menyelenggarakan layanan yang profesional, transparan, dan akuntabel”, katanya.

Gondo Utoro (63), seorang warga yang tengah mengurus pelayanan di Imigrasi Tanjung Perak  membenarkan  bahwa proses pendaftaran sudah melalui online, sehingga memudahkan serta mempersingkat waktu. Ia juga mengapresiasi adanya jalur bagi lansia dan disabilitas yang dianggap sangat membatu mereka.

Hal senada dirasakan Johanes Sutanto (32). Selain itu fasilitas ruang tunggu sudah sangat nyaman terlebih dengan disediakannya air minum serta permen secara gratis. Diharapkan layanan yang sudah ada dapat terus ditingkatkan, tidak hanya saat ini, namun juga dimasa yang akan datang. (HUMAS MENPANRB).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: