"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 3 October 2018

Pengelola TPA Jember ini Sulap Sampah Plastik Jadi BBM

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sampah plastik memang sangat berbahaya, karena sifatnya yang sulit terurai, bahkan hingga ratusan tahum, namun limbah ini ternyata dapat disulap menjadi BBM.

Hal ini dilakukan oleh Masbut, kordinator pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Pakusari, Ide pembuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Biosolar dan Premium dari olahan sampah plastik itu muncul lantaran semakin hari tumpukan sampah tidak ramah lingkungan ini semakin banyak.    

“Saya berfikir bagaimana caranya untuk mengurangi sampah ini, pasalnya dalam setiap harinya yang dibuang di TPA itu mencapai 15 ton. “Untuk itu, saya manfaatkan kotoran sampah plastik yang ada di TPA untuk di jadikan sesuatu yang bermanfaat," katanya Rabu (3/10/2018).

Masih kata Masbut, bahwa sampah plastik 15 kg yang dikelolanya mampu mengeluarkan 15 liter minyak, dan itu terbagi dua jadi bio solar dan premium, hasilnya uji coba bisa dipakai bahan bakar motor roda dua dan untuk mesin pelebur yang ada di TPA Pakusari ini," ucapnya

Caranya, sampah plastik seberat 15 kg dimasukkan dalam drum besar dan ditutup rapat. lalu dibakar dengan api yang cukup besar, uapnya disuling melalui drum kecil terbuka berisi air plurisasi dan sangat dingin. “Hasil tetesan uap yang sudah disuling  keluar sudah jadi Bio solar atau Premium”, pungasnya. (ming/eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: