"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 22 October 2018

Seluruh Ranting di PCNU Kencong ‘Jember’ Serentak Gelar Upacara Hari Santri

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Upacara Peringatan HSN di Cabang NU Kencong (Jember) Jawa Timur, tahun ini berbeda dengan sebelumnya, jika tahun lalu dilaksanakan Cabang NU dan MWC NU, kali ini Upacara di Instruksikan digelar di masing-masing ranting.

Pergerakan kegiatan bertema "Bersama Santri Damailah Negeri” yang begitu masif dan terencana dari seluruh Majelis Wakik Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) dan Pengurus Ranting (PR) di wilayah NU Cabang Kencong telah mampu membuktikan bahwa NU ada dan akan selalu ada dalam pengabdian terhadap masyarakat.

Bukan hanya Pengurus NU, Badan Otonom (Banom) Sepreti Muslimat, GP Ansor, Fatayat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), lembaga, lajnah dan santri Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan Maarif, Kades, muspika dan aparat keamananpun juga ikut upacara ini.

Dalam memperingati Resolosi Jihad dalam melawan penjajah saat NU dipimpin Rois Akbar, KH Hasyim As’ari,  sejumlah Ranting yang tersebar di lima MWC yaitu Kecamatan Kencong, Puger, Gumukmas, Jombang dan Kecamatan Umbulsari juga digelar kirap santri. Seperti di Ranting Puger danUmbulrejo.

Untuk kIrap di Ranting Umbulrejo bekerjadama dengan Pemerintah Desa dikakukan dengan Sepeda Hias,  Kirab diikuti seluruh santri Musholla, Anak TPQ dan Ibu ibu Fatayat, dengan start di depan masjid Jami' Baitunna'im desa dan dimulai Pukul 14.00 Wib.

Sekitar 500 mulai dari anak anak sampai dewasa dan Ibu - ibu hari itu menghias sepedanya, dan mengayuh sepedanya keliling desa dengan di dahului Mobil Dari Kepolisian Sektor Umbulsari dan didampingi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ranting Umbulsari. 

Menurut Kepala desa Umbulrejo, Suhari, kegiatan ini untuk mengingatkan kita bahwa para ulama dan santri dulu punya sumbangsih besar dalam perjuangan kemerdekaan. “Untuk itu sebagai generasi penerus kita harus meneladani semangat perjuangkan mereka yang hingga titik darah penghabisan, ” Jelasnya.

Sementara Ketua Geraka  Pemuda (GP) Ansor Cabang Kencong, untuk mengenang perjuangan para santri  dan arek-arek Suroboyo mengurus penjajah mengintriksikan kepada seluruh anggotanya dalam waktu tiga hari, sejak tanggal 22 hingga 24 Oktober agar anggotanya memakai sarung.

Rois Suriah NU Cabang Kencong, KH Khoiruz Zad Maddah, mengapresiasi seluruh elemen yang menyukseskan acara ini. “Alhamdulillah rasa sukur selalu kami panjatkan pagi hari ini setelah menyaksikan apa yang telah dilakukan seluruh elemen masyarakat NU diwilayah NU Cabang Kencong”, katanya.

Karena itu, dirinya sangat berterimakasih, terlebih kepada pengurus seperjuangan baik yang di Cabang, MWC, Ranting, badan otonom maupun unsur pemerintah, “Semoga jerih payah jenengan  semua menjadi bagian dari ibadah yang bisa bermanfaat dikemudian hari”, katanya. (yond/eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: