"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 8 November 2018

Para PLD Asal Jember Dilatih Penyusunan RAB Desa di Malang

Malang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 16 Pendamping Lokal Desa (PLD) dari Kabupaten Jember Jawa Timur mengikuti pelatihan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) selama 4 hari di Malang.

Pelatihan yang digelar Satker P3MD Provinsi Jawa Timur mulai tanggal 07 sampai dengan 10 November 2018 ini ini dimaksudkan untuk meningkatan kapasitas para PLD. Demikian disampaikan Kepala Dinas DPMD Provinsi Jawa timur yang diwakili Hamim PA ID,  asal Kabupaten Kediri, Kamis ( 08/11/2018 ).

“Seorang PLD sangat penting memahami perhitungan anggaran, karena mereka langsung bersentuhan dengan segala kegiatan di desa, seperti soal Pembangunan Infrastruktur, sehingga PLD Wajib harus mengetahui spek, ukuran hingga perhitungan Rab,” katanya.

Hal itu diakui salah-satu PLD asal Jember Samsul Arifin, menurutnya dirinya sering menemukan beberapa anggaran infrastruktur salah, terutapa perhitungan rencana anggaran biaya, akibatnya antara kebutuhan pebangunan dengan anggaran yang tersedia tidak klop, bahkan terjadi mark up.

“Iya mas, saya sering melihat pihak Pemerintah Desa sendiri kurang faham soal pembuatan rab, dengan adanya pelatihan ini kami sangat berterimakasih, sehingga nantinya kami bisa membantu desa dalam memfasilitasi pembuatan rab desa,” terangnya.

Untuk itu dirinya berharap usai pelatihan ini para PLD dapat membantu desa dalam memfasilitasi berkaitan dengan perhitungan rab, sehingga tidak sampai terjadi mark up biaya mulai dari belanja bahan, Material, Alat hingga HOK dan Upah pekerja. (Mam).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: