Translate

Iklan

Iklan

Dikeruk Berlebihan, 4,6 Ha Lokasi Tambang Batu Kapur di Jember Berubah Jadi Danau

3/16/22, 14:55 WIB Last Updated 2022-03-16T07:55:26Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat penambangan batu kapur ilegal di Gunung Sadeng Kecamatan Puger, kabupaten Jember, Jatim, keluar mata air, hingga seperti danau.

"Ada satu titik yang kita temukan, dengan HPL (Hak Pengelolaan Lahan), sekitar 4,6 hektar, yang telah dieksploitasi secara berlebihan," Ujar Sekretaris Daerah (Sekda)Kabupaten Jember Mirfano saat memasang papan lahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Senin (16/3/2022)

Menurutnya, tingkat kerusakan lingkungan di area penambangan itu, nantinya akan dikaji oleh Pemkab, untuk persiapan normalisasi. "Pengerukannya sejauh mana, karena yang kita lihat masih dengan pandangan mata, dan kini sudah berubah jadi danau," katanya.

Pemasangan Papan lahan Pemkab ini, sebagai tindak lanjut atas pencabutan HPL milik sepuluh perusahaan dengan total lahan 71,59 hektar. "Dan sudah kita kirim lewat kantor pos, dan sekarang kita pasang papan pelarangan penambangan sesuai pasal 385  KUHP," jelasnya.

Pelarangan penambangan di sepuluh titik ini, sebagai bentuk keseriusan Pemkab, supaya masyarakat tidak dirugikan. "Supaya Gunung Sadeng bisa membawa manfaat bagi masyarakat, jika papan ini di rusak, maka akan kita laporkan ke aparat penegak hukum," pungkasnya. (naw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dikeruk Berlebihan, 4,6 Ha Lokasi Tambang Batu Kapur di Jember Berubah Jadi Danau

Terkini

Close x