Translate

Iklan

Iklan

Memprihatinkan, Angka Kematian Bayi Di Bondowoso Masih Tinggi

12/12/12, 17:55 WIB Last Updated 2013-12-08T19:33:11Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anggka kematian bayi di Kabupaten Bondowoso, sangat memprihatinkan. Pasalnya dari 38 Kabupaten/Kota se-Jatim, Bondowoso masih menduduki peringkat ke 4 yang angka kematiannya cukup tinggi.

 Hal Ini Di Sampaikan Oleh Sri Mulyati Kepala Bidang Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Bondowoso. Saat dihubungi sejumlah wartawan Rabu (12/12), Sri Mulyati mengungkapkan jika hingga akhir 2012 data yang dihimpun dilapangan mengenai jumlah bayi meninggal di Bondowoso masih sangat tinggi dan sudah mencapai 140 bayi.

Tingginya  Kematian Bayi  Ini di sebabkan banyak kasus  bayi di bondowoso yang lahir dengan berat badan rendah dan Gangguan Pernafasan. Mengenai penyebab berat badan bayi rendah Sri juga menjelaskan bahwa hal ini di pengaruhi oleh kondisi kesehatan Ibu saat bayi masih dalam kandungan.

Kemungkinan besar sang Ibu  mengalami kurang gizi saat hamil, Mengingat juga angka kemiskinan di Bondowoso yang masih cukup tinggi, Memungkinkan bagi ibu hamil kekurangan asupan gizi yang menyebabkan anemia sehingga mempengaruhi kondisi berat badan bayi saat lahir.

Sementara itu, mengenai kasus kematian Ibu saat proses persalinan. Sri selaku Kabid Kesga juga menjelaskan, “Bahwa saat ini angka kematian Ibu bersalin di Bondowoso sudah mengalami penurunan di banding tahun lalu. Menurut data  tahun 2011 yang lalu terdapat 16  orang Ibu bersalin meninggal dunia, sementara hingga awal bulan Desember ini baru terdapat 8 orang Ibu bersalin meninggal dunia,” katanya

Hal ini di sebabkan masyarakat Bondowoso masih banyak yang melakukan persalinan melalui Dukun di banding melakukan persalinan melalui petugas kesehatan. Dari data yang berhasil di himpun. Jumlah ibu hamil yang melakukan persalinan diluar petugas medis Untuk Bondowoso masih menduduki peringkat pertama se Jawa Timur. Tercatat hingga akhir September 2012  terdapat  6,18 % atau sekitar 654 dari total 8.404 persalinan.

Karena itu pihaknya akan terus berupaya menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan Ibu dan Bayi  sehingga bisa menekan tingginya  angka kematian Ibu dan Bayi di Bondowoso (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Memprihatinkan, Angka Kematian Bayi Di Bondowoso Masih Tinggi

Terkini

Close x