Translate

Iklan

Iklan

Peringati Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Bondowoso Bagikan Kaos, Stiker dan Brosur

12/09/12, 17:46 WIB Last Updated 2012-12-09T12:30:34Z
Kajari Bondowoso Razali, SH saat Pimpin upacara, bagikan kaos & stiker
Bondowoso,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Tepat  hari ini Minggu tanggal 9 Desember 2012 di seluruh dunia diperingati Hari Anti Korupsi Internasional,  tak terkecuali di Indonesia.


Untuk memperingati Hari Anti Korupsi (HAKI) tersebut, sejak beberapa hari lalu di pemerintahan, BUMN, LSM serta kelompok masyarakat mengadakan serangkaian kegiatan.

Di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, HAKI diperingati dengan sederhana. Diawali dengan apel di lingkungan Kejaksaan Negeri Bondowoso yang dipimpin langsung oleh Kajari Bondowoso Razali, SH dan seluruh kasi, staf dan pegawai termasuk ibu-ibu dharma wanita di lingkungan Kejaksaan Negeri Bondowoso.

Dalam amanat  Jaksa Agung  yang dibacakan Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso Razali, SH menyatakan, “Pencegahan  korupsi harus dilakukan lebih intensif, efektif dan mendasar. Kebijakan pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia telah memasuki babak baru dengan kehadiran strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi, yang mengakomodasi tiga pilar anti korupsi, yaitu pemerintahan dalam arti luas, masyarakat madani dan dunia usaha“ kata Razali menirukan amanat Jaksa Agung.

“Berani jujur hebat, kita berantas korupsi secara profesional, proporsional dan berhati nurani”  menjadi tema pada peringatan hari Anti Korupsi Internasional tahun ini dinilai tepat dan relevan.Tepat, karena di tengah peradaban yang serba materi ini, keberanian untuk mengungkap sesuatu kebenaran merupakan suatu barang langka. Korupsi kian masif terjadi disebabkan karena masih sedikit yang berani melawan.

Relevan, karena pemberantasan korupsi merupakan salah satu prioritas utama dalam kebijakan pemerintah serta menyadari dampak korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara, akan tetapi juga melanggar hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat secara meluas.

Tujuan jangka panjang strategi nasional tersebut adalah terwujudnya kehidupan bangsa yang bersih dari korupsi melalui dukungan nilai budaya yang berintegritas. Sementara dalam jangka menengah diharapkan strategi nasional bisa mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dari korupsi dengan didukung kapasitas pencegahan dan penindakan serta nilai budaya yang berintegritas.

Berdasarkan Inpres Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2012, telah ditetapkan penanganan perkara tindak pidana korupsi untuk Kejaksaan R.I. Seluruhnya berjumlah 1.380 perkara.

Sementara berdasarkan data yang ada sampai bulan akhir november tahun 2012 ini keberhasilan kejaksaan dalam menangani perkara tindak pidana korupsi untuk penyelidikan sebanyak 693 perkara, penyidikan sebanyak 1.242 dan untuk penuntutannya sebanyak 1.272 perkara, serta penyelamatan keuangan negara yang bisa dilakukan sebesar Rp. 292.930.351.734,- (dua ratus sembilan puluh dua milyar sembilan ratus tiga puluh juta tiga ratus lima puluh satu ribu tujuh ratus tiga puluh empat rupiah) dan us $ 500.000,00 (lima ratus ribu dolar Amerika Serikat).

Selesai apel, Kajari dan para Kasi membagikan Kaos, stiker dan brosur kepada tukang becak yang melintas di depan Kantor Kejaksaan Negeri Bondowoso Jl.HOS.Cokroaminoto.

“kegiatan pembagian kaos, stiker dan brosur ini kepada masyarakat mulai dari tukang becak hingga masyarakat luas dengan maksud agar pemberantasan korupsi merupakan tugas semua elemen masyarakat. Kejaksaan tidak mungkin bekerja sendiri tanpa peran aktif masyarakat dalam memerangi kejahatan korupsi yang merugikan kita semua“ Demikian disampaikan Kajari Razali, SH Minggu (9/12) saat diwawancarai MAJALAH-GEMPUR.Com. Usai acara.

Masih menurut Kajari, “Pembagian kaos, stiker dan brosur berlanjut ke alun-alun di depan penjara agar masyarakat luas tahu hari ini adalah Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2012 dan berharap peran serta masyarakat untuk bersama-sama memberantas korupsi di negeri ini“ tegasnya. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Bondowoso Bagikan Kaos, Stiker dan Brosur

Terkini

Close x