"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 19 February 2018

Waktu Tanam Padi Di Situbondo Mundur Akibat Cuaca Buruk

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Lantaran cuaca diakhir-akhirnya tidak menentu (buruk), membuat waktu tanam padi di persawahan kabupaten Situbondo Jawa Timur mundur hingga satu bulan bulan.

Akibat cuaca berubah-ubah, baru bulan Juni memasuki tanam,  normalnya bulan April. "Mundurnya musim tanam tersebut diharapkan tidak akan berpengaruh produksi komoditas pangan," kata Pathorrahman, salah-satu petani Desa Mangaran, Kecamatan Mangaran, Senin (8/2/2018)

Menurutnya, sekitar 60 persen sawah di Situbondo, lahan sawah padi yang ditanam pada tiga jenis lahan yaitu dangkal, tengah dan dalam.  Menurut dia, ketika musim kemarau biasanya lahan dalam bisa optimal dalam memproduksi padi. Sedangkan lahan dangkal dan tengah biasanya mengalami kekeringan.

Hasil panen atau produktivitas tanaman padi sejak musim tanam tahun lalu mengalami penurunan akibat terjadi hujan terus menerus. Hal itu H.Baidawi , salah-satu petani lain "Penurunan hasil panen ini rata-rata sekitar 1,5 persen dan itu merata hampir di seluruh wilayah " keluhnya.

Lantaran curah hujan cukup tinggi dan terjadi terus menerus sehingga tanaman kekurangan cahaya. Kondisi itu mengakibatkan pertumbuhan tanaman dan bulir padi tidak bisa optimal.  Meski terjadi penurunan produktivitas, pihaknya tetap optimistis .

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, padi di 5.800 ha sawah merupakan benih unggul.  "Massa tanam padi sampai panen mencapai 110 hari dengan produksi sekali tanam, untuk mengantisipasi penurunan produksi, pihaknya telah melakukan sistem penataan air yang optimal," Katanya. ( edo).

Berita Terkait Pertanian

No comments: