"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 14 November 2018

Satlantas Polres Jember Segera Berlakukan E-tilang

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Jember segera berlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), E TLE tersebut sebagai lanjutan dari mekanisme e-tilang.

"Polres jember berencana mengimplementasikan program Korlantas polri dengan memanfaatkan teknologi dalam pengaturan lalu lintas,"Demikian disampaikan Kepala Satutan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Jember AKP Fatikh Dedy S, Sik pada sejumlah awak media, Rabu (14/11/2018) sore

Menurutnya penerapan e tilang ini merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) RI No. 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan. “Disamping itu untuk meminimalisir pelanggaran lalulintas di Jember tergolong masih tinggi dan kesadaran tertib berkendara di jalan raya masih rendah”, katanya.

Dalam Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, ada 5 pilar keselamatan jalan, yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan. Pelanggaran lalu-lintas inilah yang menjadi salah satu penyebab utama berbagai kecelakaan di jalan raya, jelasnya.

Berkat Kerjasama Polres Jember dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) telah memiliki 67 titik CCTV yang terpasang, di simpang 4 Mangli dan di Simpang 4 Argopuro serta di Simpang 4 RRI maupun di ruas jalan Kawasan Tertib Lalu-lintas (KTL) jalan PB Sudirman dan Hos Cokroaminoto.

Perangkat cctv  tersebut sudah terhubung di ruang command center Polres, sehingga memudahkan personil melakukan monitoring dan penindakan. “E-TLE ini merupakan inovasi efektif memantau pelanggaran lalu lintas, kita berharap angka kecelakaan serta fatalitas laka lantas dapat ditekan." Pungkasnya. (edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: