Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Minggu, 26 Maret 2017

Legenda Dewi Rengganis Di Lereng Gunung Argopuro

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dewi Rengganis, sebuah legenda di lereng pegunungan iyang dan Argopuro, yang meliputi kabupaten Bondowoso, Situbondo, Jember dan Probolinggo, Legenda ini juga berkembang di Banyuwangi. 

Menurut kepercayaan warga yang tinggal dilereng Gunung Argopuro tersebut, bahwa Putri Rengganis ini mempunyai wajah yang rupawan, dengan Kecantikannya yang sangat luar biasanya, membuat pria dan pangeran raja-raja di tanah Jawa ini ingin mempersuntingya.

Disamping memiliki wajah yang cantik ternyata ia juga seorang penguasa. "Dewi Rengganis dipercaya sebagai penguasa di wilayah Argopuro, bahkan juga di Raung" Ujar  Setiyohadi, pegiat sejarah asal Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember, minggu (26/3).

Kencantikan rengganis konon lantaran kebiasaannya yang suka makan bunga-bungaan dan beberapa jenis rerumputan. "Kebiasaan Itu membuat Rengganis terkenal tetap cantik." Lanjutnya pria asal kencong yang sering disapa Mas Yopi ini, ksembari tersenyum

Menurut Setiyo bahwa dalam Kisah legenda tersebut ada beberapa fersi yang berkembang di masyarakat, salah satunya mengatakan bahwa Dewi Rengganis adalah putri dari selir Prabu Brawijaya yang terusir dari kerajaan yang kemudian diajak oleh petapa untuk tinggal di gunung raung.

Fersi kedua adalah anak petapa yang tinggal di Raung, dan mengikuti jejak orang tuanya menjadi petapa, yang akhirnya dengan kekuatan yang ia milikinya, Rengganis menjadi penguasa atau ratu yang menguasai wilayah gunung Argopuro dan Raung dan sekitarmya baik secara nyata maupun ghoib. (yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: