"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 14 January 2013

KSP Bunga Mekar Group Jember Tahan Ijazah Mantan Karyawan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tidak hanya siswa yang ijazahnya ditahan. Mantan karyawan koperasi simpan pinjam mengalami nasib yang sama. Kini dia gundah gulana dan sedang memperjuangkan haknya.

Pria itu bernama Ayub Hariyadi, asal Dusun Bongkaran , RT. 03 RW.02, Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. Hampir setahun ijazahnya ditahan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bunga Mekar Group.

Ayub Hariyadi menceritakan, ia bekerja di koperasi terbesar di Kabupaten Jember tersebut  selama empat tahun. “Harapan saya, bisa mendapatkan penghasilan yang layak untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.”

KSP Bunga Mekar Group diketahui memiliki sekitar 76 cabang di luar Kabupaten Jember, diantaranya berada di Jawa Tengah. Kantor pusat koperasi beralamat di Perumahan Gunung  Batu Blok BB 04 Jember, Jawa Timur.

Seiring perjalanan waktu, Ayub Hariyadi dipindah tugas ke salah satu cabang KSP Bunga Mekar Group  di Kabupaten Banyuwangi, yakni KSP Mahkota yang beralamat di Jl. Raya Lateng 162, Gladag Rogojampi .

Selama bekerja, Ayub Hariyadi menerima gaji seperti biasanya. Dalam catatannya, pada bulan Juni 2011 ia menerima gaji sebesar Rp.2.173,000. Dikurangi beberapa potongan yang ditanggungnya, gaji bersih sebesar Rp. 1.742.000.

Pada bulan Februari 2012, Ayub Hariyadi mengundurkan diri karena jenuh dan ingin mencari pekerjaan lainnya.  Disinilah masalah mulai menggelayutinya. Ia tak bisa mendapatkan ijazahnya kembali. “Ijazah asli SD, SMP, dan SMA,” katanya.  Ia merasa pihak koperasi menahan ijazahnya.

Ayub Hariyadi mengira masalah tersebut terkait dengan tanggungan yang mesti dibayarnya. “Saat mundur , saya dinyatakan punya tanggungan sebesar 2,4 juta,” katanya kepada wartawan MAJALAH-GEMPUR.Com, 17 Desember 2012 . Pihak koperasi kemudian memintanya menunggu tiga bulan untuk mendapatkan ijazahnya tersebut.

Sebenarnya, menurut Ayub Hariyadi, tanggungan tersebut sudah bisa terlunasi oleh pesangon yang semestinya didapatkannya.  “Hak pesangon saya kira- kira kurang lebih Rp.2.650.000,” tuturnya.

Setelah menunggu selama tiga bulan, Ayub Hariyadi meminta ijazahnya. Namun, ia harus kecewa. Pihak koperasi tidak mau memberikan dengan alasan Ayub Hariyadi harus melunasi tanggungannya. “Anehnya, tanggungan saya bertambah menjadi 4,5 juta,” ungkapnya.

Pihak pimpinan KSP Bunga Mekar Group di Jember tidak berhasil ditemui. Berkali-kali wartawan MAJALAH-GEMPUR.Com  mencoba untuk mendapatkan konfirmasi, hingga akhirnya hanya ditemui  karyawan bagian administrasi yang bernama Anisa, Senin (14/1)

Menurut Anisa, untuk mengeluarkan ijazah masih butuh surat pengantar dari kantor koperasi  Banyuwangi, Juga butuh konfirmasi dari kantor cabang di Banyuwangi. (nang/dins/eros)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

7 comments:

PAK SUMARJI PALEMBANG said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BARTURUT TURUT JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT


JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BARTURUT TURUT JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT


JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BARTURUT TURUT JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

Mohamad Sholeh said...

ga usahlah menjelek jelekan tempat di mana kita pernah bekerja toh selama 4thn anda dapt makan,minum dan memenuhi kebutuhan anda dari koprasi tempat anda bekerja.
Dan setau saya orang yg berhasil dg orang yg gagal di bunga mekar lebih banyak yg berhasil.dan tidak jarang bawahan yg keluar dri bunga mekar lansung di jadikan atasan di koprasi lain karena di bunga mekar terkenal dg kedisiplinan yang tinggi.
Klo masalh ijazah tidak hanya di bunga mekar di koprasi lainpun akan menahan ijazah anda apabila anda masih punya tanggungan

Anonymous said...

Itu koperasi ato gurita rentenir raksasa berkedok koperasi...?
Diliat dari prakteknya kok tidak sesuai dengan prinsip koperasi...
Karyawan tidak ikut pinjam uang kok malah disuruh nanggung utang nasabah...
Tidak hanya mengerup uang dari nasabahnya.. tpi juga dri karyawannya sendiri... benar2 bunga yg mekar besar... sipp

Indra Wijaya said...

Bukan disuruh bayarin utangnya nasabah...tpi dia melanggar aturan dari kantor pada waktu ngsik pinjaman kekantor...jadinya di stempel klo gk lunas dalam waktu 4 bulan maka harus dilunasi oleh petugasx....l

Indra Wijaya said...

Bukan disuruh bayarin....mungkin petugasnya melanggar prosedur dari kantor waktu pengedropan...jadinya di stempel....lek stempelan belum lunas dalam wktu 4 bulan maka jadi tanggungan petugas drop....

Unknown said...

Khusus semua wartawan di jember cobalah di hakimi koperasi bmg ini soalnya banyak mantan kareawan2 xg mengeluh tentang mslah ijazah xg di tshan. Dan ini sangat berbahaya bg kalangan generasi muda xg kehilangan ijazah percuma2/ menjadi pengangguran krn sdh tdk punya ijazah.

Alif hidayat said...

Ayok ke kantor dinas ketenkerjaan jember kita, laporkan bareng2