Translate

Iklan

Iklan

Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) atau Minyak Perawan Berkualitas.

10/10/10, 16:28 WIB Last Updated 2013-12-08T19:16:17Z
(Oleh Ir. Sumarno, MP; Tim Ahli LSM Gempur dan Media Gempur Press)

Seleksi, buah kelapa tua (bermbrio) dari Varietas local (non hybrida) merupakan syarat mutlak yang perlu diperhatikan. Pengalaman kami selama 5 tahun sebagai produksen VCO scala industry rumah tangga, memberikan gambaran pengalaman bahwa VCO berkualitas hanya bisa didapat bila proses pembuatannya melalui proses dingin, tanpa pemanasan dan bukan fermentasi.

Daging buah kelapa (Cocos nucifera) santannya diambil dan disentrifugal selama 15 menit. Lima sampai enam jam kemudian akan terjadi empat lapisan pemisahan blondo yang kadar minyaknya banyak dibagian atas. Dibawahnya minyak VCO. Dibawahnya lagi blondo berkadar air tinggi dan lapisan paling bawah adalah air.

Penyaringan VCO sebanyak tujuh tingkat, bisa dilakukan setelah lapisan minyak (VCO) terbentuk selama 18 jam. Berat jenis air satu. Sedangkan berat jenis minyak (VCO) kurang dari satu.

Penyaringan minyak bisa dilakukan setelah lapisan VCO terbentuk selama 18 jam. Maka kadar air pada produk VCO sudah sangat kecil. Produk VCO semacam ini akan berberkadaluwarsa Cukup lama. Satu sampai dua tahun tidak akan tengik. Produk VCO kami bermerek "VCO LESTARI".
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) atau Minyak Perawan Berkualitas.

Terkini

Close x