Translate

Iklan

Iklan

Ribuan Massa Gerakan Petani, Lakukan Aksi Di Pemkab dan BPN Jember

2/15/13, 21:46 WIB Last Updated 2013-02-15T16:59:34Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan Petani yang tergabung dalam Gerakan Petani (Gertani) Jember dan Wadah Aspirasi Warga Petani (Wartani) Curahnongko melakukan aksi unjuk rasa di Pemkab dan BPN Jember Jawa Timur.

Dalam aksinya Gertani Jember dan Wartani Desa Curahnongko, Tempurejo menuntut pengembalian tanah seluas 332 Ha yang dikuasai PTPN XII. “Kami Meminta dengan tegas kepada bupati Jember selaku panitia Land Reform segera merestribusikan Tanah yang menjadi hak Rakyat Curah Nongko seluas 322 Ha”. Tegas

Demikian tegas Korlap aksi Wadah Aspirasi Warga Petani Curahnonko , Yateni berapi-api. Dalam aksi massa Jumat siang (15/2 yang dijaga ketat aparat kepolisian Ketua Gertani Jember, Sutrisno juga mendesak Pemerintah melalui Pemkab dan BPN Jember segera mendistribusikan tanah yang menjadi hak rakyat seluas 322 Ha sesuai dengan surat presiden melalui Mensegneg No. B.889/M. Segneg/D-3/DH.00.01/06/2012 tanggal 29 Juni 2012.

Disamping itu Sutris mendesak Pemerintah menyelesaikan semua sengketa agrarian di Jember. Hal senada juga disampaikan korlap aksi Gertani Agus Mulyono. Menurut Agus penguasaan tanah oleh Perhutani dan Perkebunan inilah yang menjadi akar kemiskinan di Jember. Untuk itu tidak ada jalan lain laksanakan Undang-undang Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 , cabut UU 41 tentang Kehutanan dan hentikan perpanjangan HGU.

Menanggapi tuntutan tersebut Kepala BPN Jember, Raharjo berjanji akan segera menyampaikan aspirasi ini, “Kami akan segera menyampaikan aspirasi ini kepada BPN termasuk kepada PTPN XII yang menguasai aset, tentunya masih perlu proses” Tuturnya.

BPN ini kan bukan para fihak, para pihaknya adalah masyarakat dan PTP. Kita ini kan bukan yang punya tanah dan membagi-bagikan tanah tersebut, ndak seperti itu. Karena kita bukan kapasitas yang menentukan, tapi kita hanya mengkomunikasikan para fihak tersebut. Kalau semua fihak bersepakat (Clear and clean) Pasti akan kami laksanakan.Pungkasnya. (eros/edw)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Massa Gerakan Petani, Lakukan Aksi Di Pemkab dan BPN Jember

Terkini

Close x