Translate

Iklan

Iklan

Universitas Jember Gelar Lomba Tari Petik Kopi

10/12/14, 23:00 WIB Last Updated 2014-10-23T16:59:36Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Salah satu upaya untuk melestarikan seni dan budaya tradisional, dan untuk mencari jati diri budaya asli masyarakat Jember.  Universitas Negeri Jember menciptakan dan menggelar lomba tari Tari Petik Kopi.

Lomba tari petik kopi ini jangan dipandang sebagai lomba yang hanya  mencari  pemenang tetapi lebih untuk menginternalisasi tari petik kopi itu sendiri. Melestarikan budaya tradisional merupakan suatu keharusan, terutama bagi generasi muda.  

“Siapa tahu  limapuluh tahun kedepan tari petik kopi bisa dianggap sebagai tari orisinal Jember, di tengah-tengah usaha pencarian jati diri budaya asli masyarakat Jember saat ini” Kata Rektor Universitas Jember Moh. Hasan saat membuka lomba antar mahasiswa Universitas Jember  Minggu (12/10) di gedung Soetardjo.

Menurut Wisasongko, ketua panitia lomba antar mahasiswa,  lomba yang digelar pertamakaliini diikuti diikuti oleh 112 penari dari 12 fakultas. Sedangkan generasi pertama ada 23 penari, mereka inilah dilatih langsung oleh pencipta tari Parmin Ras. Kemudian 23 orang ini menjadi pelatih di berbagai fakultas.

Wisasongko menambahkan peraturan panitia memang mewajibkan setiap peserta lomba adalah mahasiswa yang belum pernah menarikan tari petik kopi, sehingga harapannya semakin banyak mahasiswa Universitas Jember yang menguasai tari ini. Para peserta diberi kesempatan latihan selama satu bulan sebelum mereka tampil.

Untuk juri diambilkan 2 orang dari luar yaitu Slamet Riyadi, seorang praktisi seni dari ponorogo dan Agustinus, seorang praktisi seni dari Surabaya yang sekaligus dosen STKW. Satu lagi juri yang dihadirkan adalah Ayu Sutarto, budayawan dan dosen fakultas Sastra Universitas Jember.

Tiga tim terbaik yang menjadi pemenang dalam lomba kali ini juara pertama diraih oleh Fakultas Sastra, Juara kedua diraih oleh oleh fakultas  Ekonomi, dan juara ketiga diraih oleh  FKG.  (hms unej)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Jember Gelar Lomba Tari Petik Kopi

Terkini

Close x