"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 1 November 2018

Kantor Dispendukcapil Jember Sepi Pengunjung Paska OTT Saber Pungli

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Paska OTT sejumlah pegawai, Rabu (31/10/2018) malam, Pelayanan Adminduk di Kantor Dispendukcapil Pemkab Jember sejak Kamis (1/11/2018) pagi sepi pengunjung.


Padahal sebelumnya kantor yang terletak di daerah Kampus, Jalan Jawa Kecamatan Sumbersari ini mulai pagi hingga sore selalu ramai didatangi oleh warga yang membutuhkan Administrasi Kependudukan (Adminduk), namun hari ini tampak sepi pengunjung, meski informasinya layanan masih tetap dibuka.

“Iya sepi mas,  katanya tadi malam ada Operasi Tangkap Tangan (OTT) Saber Pungli di Kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), makanya yang parkir juga sepi, lihat saja ini hanya satu itu, biasanya penuh sampai sore hari”, kata Nuruddin, petugas parkir, Kamis (1/11/2018) siang.

Petugas Dispendukcapil, saat ditanya apakah layanan adminduk hari ini tetap buka, orang yang dimeja tugasnya terpampang nama Holifah ini membenarkan bahwa layanan Adminduk tetap buka. “Iya mas layanan masih tetap buka, emang sampaean mau ngurus apa,” Tanya balik.

Informasi media ini, meski layanan buka, namun tidak bisa cetak kartu Akte, KK dan KTP, hanya menampung dan mengeluarkan surat keterangan, pasalnya Kepala Dispendukcapil bersama oknum petugas dan beberapa calo sedang menjalani pemeriksaan di Mapolres Jember, sehingga belum bisa menandatangai berkas.

Penangkapan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan sejumlah oknum petugas serta beberapa calo dibenarkan Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, menurutnya ada sekitar 20 orang yang sudah dimintai keterangan.

“Ada sekitar 20 orang yang sudah kita diperiksa, saat ini masih dalam taraf pendalaman pemeriksaan, diantaranya Kepala Dispendukcapil, sejumlah oknum petugas, dan tiga orang calo, serta uang sebesar 10 juta, seratus rupiah, serta 4 ruangan kita segel, untuk detailnya kita jelaskan nanti yah”, kataya. (eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: