"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Sunday, 17 February 2019

Bandara Notohadinegoro Jember Normal Pasca Rusak Diterjang Hujan Angin

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bandara udara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur, paska porak-poranda akibat hujan deras dan diterjang angin kencang Sabtu (16/2/2019) lalu kini kembali normal.

Penerbangan di Bandara di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung hari ini Minggu (17/2/2019) sudah bisa operasi kembali dan jadwal penerbangan tetap berjalan seperti biasa, setelah kemaren sabtu (16/2/2019) Sore porak poranda akibat diterjang hujan deras dan angin kencang.

Upaya pemulihan sistem navigasi pesawat, alat-alat komunikasi, dan listrik padam dan Fasilitas dibandara banyak mengalami kerusakan sejak Sabtu malam sudah diperbaiki dan dapat teratasi dengan baik, Bahkan jalan akses menuju bandarapun telah dapat dilewati seperti biasa.

"Ada beberapa titik di kawasan bandara yang mengalami kerusakan seperti pos parkir, kaca pecah, tiang bendera patah, sebagian plafon bandara rusak, kami masih melakukan pendataan kerusakan lainnya," kata Kepala Bidang Kedarutatan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo, Sabtu malam. (16/02/2019).

Heru menjelaskan, akibat kerusakan fasilitas bandara itu, satu petugas bandara mengalami luka-luka karena terkena pecahan kaca, namun korban sudah mendapat pertolongan dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan beberapa jahitan.

"Akses jalan menuju bandara macet total karena banyaknya pohon tumbang yang melintang ke tengah jalan, sehingga petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga masih melakukan pembersihan jalur menuju Bandara Notohadinegoro," kata Heru.

Kerusakan itu dibenarkan Kepala Bandara Notohadinegoro Jember Edy Purnomo, menurutnya petugas bandara masih sibuk mengecek kerusakan itu. "Diharapkan penerbangan tetap beroperasi pada Minggu (17 Februari 2019)," katanya saat dihubungi melalui pesan singkat.

Manajer Garuda Indonesia Jember, Heru Joko Satria mengatakan pihak bandara menyatakan aman, sehingga penerbangan Garuda rute Surabaya-Jember pulang pergi (PP) tetap beroperasi sesuai jadwal.  “Pihak Bandara Notohadigoro Jember memastikan aktivitas penerbangan aman untuk beroperasi," ujarnya.

Informasi yang dihimpun media ini bahwa sesuai Data BPBD Jember bahwa akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di beberapa Kecamatan diantaranya di kecamatan Sumbersari, Ajung dan Kecamatan Patrang ada tiga warga yang mengalami luka ringan akibat tertimpa pohon,.

Untuk di Kecamatan Patrang Pohon tumbang hingga menyebabkan akses jalan terganggu, sedangkan di Kecamatan Sumbersari terdapat beberapa pohon tumbang yang menimpa ambulans dan puskesmasnya rusak ringan serta dua orang mengalami luka ringan.

Bahkan akibat hujan lebat disertai angin kencang banyak pohon tumbang disepanjang jalan protokol baik yang menuju Bandara Notohadinegoro maupun disejumlah jalan tempat lainnya, sejumlah atap rumah wargapun juga banyak bertebaran, bahkan puluhan tiang listrik roboh, dan terjadi pemadaman. (yond).

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: