Translate

Iklan

Iklan

Mulai Besok Jember Berlakukan Pemudik dari Zona Merah Akan di "Karantina" Isolasi

Media
4/04/20, 22:58 WIB Last Updated 2020-04-05T05:19:48Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Setelah Pemerintah Kabupaten (pemkab) Jember mendirikan posko kesehatan di 5 titik masuk Jember. Saat ini, Pemkab mengaktifkan tempat Isolasi "Karantina" di Jember Sport Garden (JSG) bagi para pemudik luar kota dari zona merah.


Bupati Jember dr. Faida MMR mengatakan, pemudik dari luar kota dari zona merah, akan aktifkan, masuk di Jember Sport Garden (JSG), "Agar Jember yang sudah terkendali dan aman ini bisa berjalan lebih tertib," katanya, Sabtu, 04 April 2020 saat meninjau ruangan JSG yang jadi ruang isolasi.

Bupati berharap masyarakat Jember yang berada di luar kota untuk tidak pulang kampung halaman di Jember. “Tetaplah di kota masing-masing. Doakan keluarga dalam keadaan baik-baik saja. Semoga dalam waktu secepat mungkin kondisi bisa pulih kembali," tuturnya.

Pulihnya kondisi seperti semula, menurut bupati, akan cepat terjadi apabila semua tertib menjalankan protokol kesehatan dan pencegahan. Seperti melakukan isolasi dan pembatasan sosial secara mandiri.

Kondisi Jember saat ini, menurut bupati, sudah terkendali cukup baik. Masjid-masjid tetap bisa berjalan. Pengajian sudah tertib. Tidak ada orang berkumpul dalam jumlah yang banyak. Bahkan acara pernikahan pun ditunda.

Pasar-pasar sudah ditata sesuai ketentuan. Pengendalian ini agar kasus korona tidak semakin meningkat, yang bisa mengganggu ekonomi. “Jika tidak dikendalikan, masa isolasi akan lebih panjang lagi, maka diminta kerjasamanya," ujar bupati. "Pengorbanan yang begitu banyak ini, jangan tersia-siakan dengan tidak terkendalinya arus mudik," imbuhnya.

Karena itu, bupati kembali mengingatkan, warga yang datang dari kota yang masuk zona merah akan menjalani isolasi selama 14 hari di JSG. “Karena itu, tetaplah di kota masing-masing. Tidak usah mudik. Tunda sampai keadaan lebih aman," kata bupati.

"Sayangi keluarga anda. Sayangi teman-teman anda. Sayangi kota masing-masing, dan jaga diri anda. Jangan mudik. Tetap di kota masing-masing," imbuhnya. Operasional karantina ini melibatkan sejumlah pihak. Mereka dapat dikenali dari alat pelindung diri yang dipakai.

APD warna putih untuk tim medis, coklat untuk Polri, hijau untuk TNI. Sementara petugas yang memakai jaket adalam tim penapis (screening) di depan pintu masuk. “Semua ini kolaborasi yang dilakukan untuk memastikan JSG sebagai ruang isolasi massal," terangnya.

Operasional karantina ini dijalankan oleh tim medis gabungan. Paramedisnya para muda yang direkrut secara khusus untuk menangani korona. Ada juga sukarelawan khusus, TNI, Polri, dan PMI. “Mulai malam ini petugas sudah masuk. Petugas ini nantinya dua minggu tidak pulang, tetapi tinggal di JSG," tandasnya.

Seluruh APD dan logistik sudah masuk ke JSG. 250 tempat tidur juga sudah siap. Termasuk alat rontgen dan rapid test. “Manakala perlu dirujuk, akan dirujuk," tambah bupati. Bupati menyebutkan, mulai Minggu pagi, 05 April 2020, posko – posko di lima pintu masuk Jember akan mengirimkan warga yang berasal dari zona merah ke karantina. Pengiriman menggunakan transportasi khusus.

“Termasuk ODP ringan. Tetapi ODP yang perlu perawatan tidak di JSG," terangnya. ODP yang memerlukan perawatan masuk ke RS dr. Soebandi Jember. (*).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mulai Besok Jember Berlakukan Pemudik dari Zona Merah Akan di "Karantina" Isolasi

Terkini

Close x