"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Saturday, 20 February 2021

Akibat Hujan Deras, Banjir dan Longsor Landa Desa di Silo Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat hujan deras, tebing di Dusun Baban, Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, kabupaten Jember, Kamis (18/2/2021) kemaren dilanda banjir dan tanah longsor.

Akibatnya longsoran tanah menutupi ruas jalan menuju desa tersebut, bahkan sempat terjadi kemacetan yang cukup panjang.  Selain itu banjir juga telah membuat jembatan serta plengsengan ambrol dan beberapa dapur rumah warga dipinggil  sungai mengalami kerusakan.

Menurut petugas BPBD Jember Firman Arifianto saat ini air sudah surut sehingga pihaknya bersama Muspika Kecamatan Silo dan warga bergotong royong membersihkan longsoran yang menutup jalan. "Namun sekarang sudah bisa dilewati Roda 2 maupun Roda 4," jelasnya, Sabtu (20/2/2021)

Firman menjelaskan, bahwa terdapat 3 dapur rumah milik warga yang rusak dengan tingkatan yang berbeda."RT 03 RW 18 Dusun Baban Tengah, dapur Milik Rabiin, Musawir dan milik Hasanah Rusak ringan," Terangnya

Oleh karena itu, kata Firman beberapa bantuan yang telah diberikan pada korban bencana tersebut berupa peralatan dapur dan sembako."3 Paket Sembako, Alat dapur 3 Paket dan makanan ringan untuk giat kerja bakti," Ujarnya.

Berdasarkan Data BPBD yang terdampak banjir dan longsor itu, masing-masing Plengsengan Bantaran sungai Rt 03 Rw 16  ukuran P: 50 m dan T: 4 m Ambrol tergerus air,  Plengsengan Bantaran sungai Rt 02 Rw 05  ukuran P: 20 m dan T : 3 m Ambrol tergerus air.

Selanjutnya Plengsengan Bantaran sungai Rt 01 Rw 16 ukuran P : 30 m dan T : 3 m Ambrol tergerus air. Jembatan Miring ukuran 3 m x 6m di Rt 02 RW 25, Jembatan Ambruk ukuran 3m x 6m di RT 04 RW 24 dan Jembatan ukuran 2.5 x 4 m di Rt 01 RW 16 tergerus air.  (Yond).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: