Translate

Iklan

Iklan

BPBD Jember Prioritaskan Mitigasi Hadapi Potensi Tsunami 29 Meter

6/10/21, 18:56 WIB Last Updated 2021-06-10T11:56:21Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Antisipasi potensi tsunami 29 m di Jatim yang prediksi Badan Mentreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Jember Prioritaskan Mitigasi dan menyiapkan Posko kebencanaan.

"Kami akan mengaktivasi posko siaga bencana dengan mempersiapkan semua sumberdaya penanggulangan bencana, seperti Sdm, Sarpras, Peralatan, Peta Hazard, Renkon, Siskom, Pusdalops dan simulasi komando," ujar Kepala BPBD Jember Jamil Via Whashap, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya akan berkoordinasi dengan pemangku wilayah untuk dilakukan pemetaan lokasi dan jalur-jalur evakuasi. "Mempertimbangkan metode evakuasi yang disepakati bersama pemangku wilayah, mulai camat dan kepala desa diwilayah pesisir pantai selatan," bebernya.

Untuk mengurangi resiko distorsi informasi dan tidak menimbulkan mis Informasi, relawan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas dan media. "BPBD sendiri menahan diri, untuk tidak sekedar copy paste pernyataan BMKG, tetapi lebih fokus pada upaya mitigasi," katanya.

Walaupun Isu Tsunami hasil analisis lembaga kompeten, pihaknya lebih memprioritaskan upaya-upaya  mitigasi. "Diharapkan, masyarakat tetap waspada terhadap ancaman bencana dan banyak berdoa. Karena musibah datangnya dari Tuhan Maha Kuasa," harapnya.

Selain itu sambung Jamil, juga melibatkan diri sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawab sosialnya dan memohon kepada Allah SWT, agar senantiasa melindungi umatNya dengan senantiasa menjalankan amanah sesuai ajaranNya. (Naw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Jember Prioritaskan Mitigasi Hadapi Potensi Tsunami 29 Meter

Terkini

Close x