Translate

Iklan

Iklan

Rumah Bupati Jember Terendam Banjir Luapan Sungai Kalijompo

1/17/22, 23:22 WIB Last Updated 2022-01-17T16:22:10Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat tingginya curah hujan di lereng gunung Argopuro dan Gunung Pasang, mengakibatkan Aliran Sungai Kalijompo Jember, Jatim, sejak pukul 18.00 WIB, Senin (17/1/2022) meluap.

Terkait dampak dari luapan air sungai Kalijompo itu Kenaikan debit air berlangsung cepat, laporan dari TRC BPBD Jember terpantau ketinggian air mencapai 2 meter, merendam pemukiman warga di sejumlah titik wilayah di Kecamatan Kaliwates terdampak banjir.

Bahkan rumah Bupati Jember Hendy Siswanto, di Jalan Sultan Agung, Lingkungan Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates juga terendam banjir setinggi 2 meter, juga Jl Bromo, Jl Kertanegara (belakang Rumah Makan Lumintu), Jl Sentot Prawirodirjo (belakang Hotel Aston).

Bupati Hendy mengatakan terkait dampak banjir hampir terjadi di beberapa wilayah, khususnya Kecamatan Kaliwates. “Termasuk rumah saya juga terdampak. Dan ini memang banjir tahunan dan rumah saya juga mesti terdampak," kata Bupati Hendy saat meninjau banjir di rumahnya sendiri.

Banjir tersebut, lanjut Hendy, karena curah hujan tinggi yang berasal dari wilayah atas. "Dari Gunung pasang yang jelas dari kaki gunung argopuro. Dan ini bukan banjir bandang, karena intensitas air yang cukup tinggi (luapan aliran Sungai Kalijompo)," ujarnya.

Karena itu akan memetakan kembali penanganan air dari Gunung Argopuro. “Penanganannya memang harus dari hulu, tidak bisa sepetak-sepetak saja, Mengingat musim hujan masih belum pasti kapan selesainya, Saya mengingatkan kepada warga Jember untuk selalu waspada” harapnya.

Kepala BPBD Sigit Akbari mengatakan, data sementara dari TRC BPBD Jember. Ada beberapa sungai yang meluap. "Yakni di aliran Sungai kawasan (Kelurahan) Jumerto. Yang tadi juga naik dua meteran. Kemudian sekitar kawasan Sungai (Jalan) bromo tadi air juga naik dan keruh," jelasnya.

Kemudian, di kawasan Jembatan Semangir, Kelurahan Mangli. “Total, ada 6 titik lokasi banjir dari data TRC BPBD Jember sementara ini. "Yang meluber di aliran Sungai Kalijompo ini, Tapi masih aman meskipun sempat banjir sebentar," pungkasnya. (eros).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rumah Bupati Jember Terendam Banjir Luapan Sungai Kalijompo

Terkini

Close x