"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, September 17, 2014

Paska Relokasi PKL, Pemkab Bersihkan Saluran Air Pasar Tanjung

Jember,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Paska melakukan relokasi PKL beberapa waktu lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mulai melaksanakan rekayasa arus lalu lintas dan  membersihkan saluran air di sekitar pasar Tanjung Jember.

Kepala Bidang Kebersihan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkab Jember Joko Soelistyo mengatakan bahwa pembersihan salurtan air di sekitar lokasi pasar tanjung ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan aktifitas perekonomiannya di pasar Tanjung.

Pasalnya, lanjut Joko, pada hampir setiap musim penghujan, saluran air di sekitar pasar tanjung meluap, dan terkadang menggenangi kawasan pasar dan warga sekitar pasar Tanjung Jember. Hal ini dikarenakan banyaknya sampah yang memenuhi saluran air, sehingga menghambat jalannya air dalam saluran air di pasar tanjung itu.

Selama ini, sambung Joko, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang kesulitan membersihkan saluran air di sekitar pasar Tanjung, karena banyaknya PKL yang menempati trotoar dan jalan di atas saluran air itu. “Sekarang sudah bisa dibuka beton penutup saluran airnya. Sehingga, ada petugas yang bisa masuk ke saluran air dan membersihkan sampahnya,” ujar Joko Rabo (17/9).

Menurutnya, pembersihan saluran air ini merupakan jawaban atas permintaan warga sekitar, yang mengaku terkena dampak meluapnya saluran air saat musim penghujan.  Untuk itu Joko berharap agar pedagang dan masyarakat ikut menjaga kebersihan saluran air dan tidak membuang sampah sembarangan. (edw/midd)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: