"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 10 Juli 2015

Kapolres Ajak Warga Jadi Relawan Palang Pintu Kereta Api

Jember , MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memncegah kecelakaan perlintasan kereta api menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, 1436 Hijriah, Kapolres Jember mengajak masyarakat menjadi relawan kemanusiaan.

Oprasi ketupat dengan tema Mudik Nyaman dan Rumah Aman ini yang bekerjasama dengan pihak PT,KAI Dauop 9 dimaksudkan untuk membantu tugas kepolisian, menjamin keselamatan dan menjamin keamanan warga dengan  menjaga listasan Kereta apian.

Terutama perlintasan yang tidak berpalang, dari 137 perlintasan kereta api, sepanjang Rel KA dari Lumajang hingga perbatasan Banyuwangi, sepanjang 78,7 KM, Rel yang berpalang pintu, sebanyak 41 perlintasan, Sedangkan yang tidak berpalang pintu sebanyak 96 perlintasan.

Namun yang dijaga oleh petugas PT KAI, hanya 33 perlintasan, selebihnya 8 perlintasan yang dijaga oleh swadaya Msyarakat, sedangkan lintasan yang tidak dijaga sebanyak 96 perlintasan. Demikian disampaikan Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif  Jum’at (10/7)

“Dari dari Sebanyak 96 perlintasan Rel Kereta perlu diwaspadai dan harus dijaga, untuk itu perlu mengajak komponen Masyarakat untuk menjadi Relawan , yang tidak ada unsure politik ini murni, urusan kemanusiaan, kepentingan Masyarakat dan menjamin keslamatan dan keamanan warga “ Harap Sabilul Alif

Lanjut Sabillul, “Dan perlu diketahui dari perlintasan tersebut ada 12 perlintasan rawan Laka, mulai Raya Tanggul, Jl, Mawar Jember, Jl, Nusa Indah Jember, dan  di Desa Tempuran Kalisat, selain itu ada 8 perlintasan yang tidak dijaga, di Desa Pondok Dalem, Pagah, Baratan Kalisat, Ledokombo, dan Garahan Silo, Urai nya

Sementara untuk menjaga keamanan juga melibatkan unsure tiga pilar antara Perangkat Desa  dan Babinkatipmas serta Babinsa, menjaga pemukiman dan perumahan warga yang sedang meninggalkan rumah untuk mudik ke kekeluarganya di desa. Pungkasnya

Humas PT KAI Daop IX Jember, Eko Sri Mulyanto, menyambut gembira ajakan Kapolres Jember, pasalnya, selain keamanan penumpang, keamanan di jalan perlintasan yang tidak ada rambu-rambunya sehingga diperlukan relawan penjaga.

Sementara untuk memberikan pelayanan, kenyamanan dan keamanan penumpang, maka pihak PT.KAI juga menempatkan Satu Polsus, dan 39 Brimob bersenjata lengkap, yang menjaga keamanan di atas kereta Api sebanyak 16 Kereta PP ”Jelas Eko. (Edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: