"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, January 27, 2016

Jurus Kantor Pariwisata Jember Sukseskan Tahun Kunjungan Wisata 2017

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk menarik kunjungan wisatawan baik domistik maupun mancanegara, Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember Jawa Timur, canangkan tahun 2017 sebagai Tahun Kunjungan Wisata.

Dengan naiknya kunjungan wisata, diharapkan akan berdampak baik pada meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti ekonmi kreatif serta hidup dan berkembangnya kesenian maupun budaya di masyarakat.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jember dari sektor Pariwisata, tahun 2015, sebesar enam belas milyar. Dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik sebanyak satu juta lima puluh lima ribu orang dan wisatawan mancanegara sebanyak empat ribu orang.

“Kami menargetkan hingga tahun 2020 khusus untuk wisatawan mancanegara naik mencapai lima belas ribu orang,“ Demikian disampaikan Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Sandi Swardi Hasan, saat ditemui diruang kerjanya Rabo (27/1),

Ketersediaan sarana dan prasarana, infrastruktur, seperi hotel atau home stay, meski bermodel tradisional yang memperhatikan aspek kebersihan dan kerapian, sarana jalan, serta sarana lain yang menunjang kenyamanan wisatawan di tempat distinasi, menjadi perhatian.

Untuk itu menurut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Jember ini phaknya kan mengajak seluruh pihak terkati “Kita akan melakukan Kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari masyarakat, unstansi terkait maupun dengan dunia usaha”.  jelasnya

Pasalnya promosi pariwisata tidak semudah seperti yang kita bayangkan. “tidak bisa serta merta dilakukan sembarangan Harus terukur baik, perlu dipersiapkan segala sesuatunya, terutama sarana dan prasarana penunjang menuju dan di tempat destinasi wisata”, ujar Sandi.

Keterbatasan dana menjadi persoalan sendiri, sementara estinasi Wisata di Jember sangat banyak, “Tugas kami hanya mempromosikan agar Destinasi Wisata di Jember dikenal, masyarakat baik local, regional, nasional maupun dunia internasional,“ ucap mantan Kabag Humas ini.

Namun dana APBD sebesar 4 milyar akan dimaksimalkan. “kita akan rencana strategis 2016-2020, yang beriringan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menenagah Daerah, merumusakan Paket Wisata dengan sasaran dolar (Internasional) dan rupiah (Domestik). Dan meningkatkan layanan hotel, restoran dan tempat hiburan”. lanjutnya

Disamping itu empat langkah akan dilakan. Pertama (Meet) Pertemuan dengan pemangku kepentingan. Kedua Insentif atau pemberian bonus untuk wisatawan. Ketiga adalah Confreence, seminar wisata. Dan Event seperti Jember Fashion Carnival, Car Free Night, Festival, dan even lain guna menarik berkumpulnyabanyak orang.

Guna mencapai hasil maksimal, lanjut Sandi, tahun ini Pemkab Jember akan fokus pada tahapan persiapan menuju tahun kunjungan wisata tahun 2017, sebagai ajang promosi besar-besaran untuk memperkenalkan potensi wisata, baik wisata alam, kuliner, barang antik dan music, seni dan budaya yang ada.

“Bagaimana menyiapkannya secara tepat, 2016 itu saya siapkan uji coba dan langkah-langkah persiapannya dan tahun 2017 sudah kita laksanakan. Untuk itu pada tanggal 5 Pebruari 2016 kita akan melakukan launching, berbarengan dengan Car Free Night,” tuturnya.

Sandi menambahkan bahwa kedepan suka atau tidak suka hal terpenting yang harus dilakukan adalah peningkatan pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif. Yang nantinya mampu mensejahterakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wisata. (midd/eros)

Berita Terkait Hiburan

No comments: