"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 17 Februari 2016

Gubernur Jatim Lantik Bupati Dan Wakil Bupati Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati perempuan pertama di Pemilukada Jember 2015 lalu Rabu (17/2) resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember masa jabatan 2016-2021 oleh Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo.

Pelantikan pasangannya dr.Hj. Faida, MMR dan Drs. KH. Abd. Muqit Arief berttempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya sekitar pukul 9 pagi, bersamaan dengan Bupati Banyuwangi, Situbondo, Sidoarjo, Sumenep, Gresik, Lamongan, Mojokerto dan Trenggalek.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Jember tiba di Gedung Negara Grahadi sekitar pukul 7.45 WIB. Selanjutnya memasuki halaman Gedung Grahadi dengan disambut upacara penghormatan selamat datang. Turut hadir pejabat Forkopimda Kabupaten Jember yaitu Pimpinan DPRD, Kapolres, Dandim dan Kajari Jember.

Gubernur Jawa Timur memberikan arahan dalam menyusunan RPJMD wajib sinergis dengan Nawacita, dan segera membangun komunikasi dengan DPRD, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat demi menciptakan suasana yang guyub dalam pembangunan di daerah.

“Walaupun ekonomi lesu tahun 2015 namun investasi Jawa Timur naik karena dukungan keamanan sehingga investor percaya, pengangguran meningkat sehingga harus ada solusi,” kata Pak Dhe Karwo sapaan akrab Gubernur Jawa Timur dua pereode ini.

Ditambahkannya, dalam rangka kedaulatan pangan agar segera membuar Perda Lahan Produktif. Ucapan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri di wilayah Jawa Timur, Permasalahan tentang Gafatar, Syiah-Suni, ISIS dan lain sebagainya agar diselesasikan dengan baik.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur ini juga menjelaskan adanya aturan dalam Undang Undang bahwa  Pejabat Daerah yakni Bupati dan Walikota diberi kewenanagan terkait pengelolaan keuangan di wilayah, sehingga harus ada loyalitas yang baik dari bawahan kepada Bupati.

Pelantikan hari ini dilaksanakan dalam 2 gelombang. Gelombang kedua dilaksanakan pk.12.00 dengan agenda melantik Bupati Kediri, Blitar, Malang, Ngawi, Ponorogo, Walikota Surabaya, Pasuruan dan Blitar.

Bupati dr Hj Faida, MMR didampingi wakil bupati Drs. KH. A Muqit Arif menyatakan kesiapannya bekerja membangun Jember. “Kabupaten Jember 1/3 penduduknya kategori miskin atau kurang mampu secara ekonomi. Ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang besar bagi kita semua.”katanya.

Masih kata Faida, akan mengentas kemiskinan salah satunya dengan mengurangi anak putus sekolah dan buta huruf. Di bidang ekonomi akan dikembangkan warung berjaringan untuk mengimbangi toko modern berjaringan yang menjamur dan mematikan ekonomi usaha kecil.

“Warung milik rakyat tidak lagi berjuang sendiri-sendiri, warung berjaringan yang manajemennya dibantu pemerintah. Konsepnya warung rakyat akan mendistribusikan bahan pokok harga grosir karena rantai distribusinya diperpendek. Warung rakyat dibantu untuk jaringan bahan pokok,”imbuhnya.

Masih kata dr Faida ada beberapa program untuk intensifikjasi produk tembakau menjadi fokus perhatian karena masyarakat Jember masih tergantung pada tembakau yang cuckup besar. Dalam dunia pertanian sudah ada program yang didampingi tenaga ahli untuk menjalankan program tersebut.

Disamping itu, Faida juga akan bertekan akan mendorong pertumbuhan dan peningkatan perekonomian dari sector pariwisata, Faida berupaya untuk mengembangkan wisata berbasis religi dan edukasi sesuai dengan lokalizm wisata di Jember. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: