"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, August 24, 2016

Udang Vaname Akan Dikembangkan Di Pesisir Puger

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. PT Pandawa Lima Sejahtera Bersama (PLSB) akan mengembangkan tambak udang jenis Vaname di pesisir Pantai Pancer di Desa Puger Kulon kecamatan Puger kabupaten Jember Jawa Timur.

Terlihat beberapa alat berat hilir mudik mengeruk pasir dan tanah di sekitar lokasi. Pelaksana Lapangan Mohamand Isyak Junaedi mengatakan di daerah Puger mempyai potensi besar tambak udang, untuk itu perlu dimaksimalkan.

keberadaan tambak udang ini, juga dapat menyerap tenaga kerja. “Kami mengambil lokasi di Dusun Puger Kulon Pancer, karena lokasi bagus dan air masih bersih tidak pernah terkontaminasi, itu sangat bagus untuk tumbuh kembang udang jenis Vaname sendiri,” katanya,  Rabu (24/8).

Pihaknaya  juga sudah mengembangkan di Cianjur Jawa Barat dan Madura Jawa Timur. Lantaran permintaan tinggi akhirnya diputuskan untuk mengembangkan di Puger. Kami akan membangun 21 kolam dengan luas tanah 9,5 hektar di pinggir pesisir sebelah selatan barat jalan Lintas Selatan,” ujarnya.

Menurut Isyak, pembangunan yang dimulai sekitar 2 minggu lalu akan merekrut tenaga kerja cukup besar dari warga Puger khususnya disekitar lokasi tambak. Pembangunan ini mengambil aspek tambak modern, jadi perlu lokasi yang luas. Di tengahnya akan terpasang terpal jenis HDPI dari Taiwan yang memang terpal ini di khusus kan untuk jenis perikanan dan tambak modern,” imbuhya.

Ketika disinggung dampaknya terhadap lingkungan, Isyak mengungkapkan bahwa selain agar tidak merusak ekosistem, tambak yang dibangun ini juga lebih ramah lingkungan. “Karena pembuangan dan sarana juga tidak seperti tambak tradisional yang mempunyai daya resapan yang besar dan juga pembangunan yang selalu terbuat dari beton seperti yang sudah banyak dilakukan pada masa dahulu,” paparnya.

Diakhir pembicaraannya, Isyak  juga menjelaskan, bahwa prospek udang Vaname ini sangat bagus dan peminatnya juga sangat banyak dari berbagai daerah. “Semoga saja di kecamatan Puger ini menjadi tolak ukur perikanan udang dan produktif untuk para pekerja sekitar,” Pungkasnya. (Lum/midd)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: