"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 18 September 2017

Pemkab Situbondo Minta Dinkes Cari Pembuang Limbah

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Situbondo, minta Dinkes dan pihak terkait  mencari dan menindak tegas Puskesmas dan Rumah Sakit yang terbukti membuang limbah medis di Pantai Blumbang, Tanjung Kamal.

“Usai mendengan informasi kejadian itu, saya langsung telfon Dinkes agar segera dibersihkan, pasalnya limbah ini sangat bahaya dan akan berakibat fatal bila sampai mengenai warga. Untuk itu Dinkes harus segera menemukan biang keroknya," tegas Wakil bupati Situbondo H. Yoyok Mulyadi, Senin (18/09).

Untuk dari itu, Yoyok mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengecek keseluruh Puskesmas dan di setiap rumah sakit di Situbondo, jangan sampai ada yang limbahnya dibuang sembarangan. Pikirkan dampak yang ditimbulkan di tengah masyarakat akibat dari itu.

Sementara Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto memgaku bahwa dirinya masih belum menerima laporan dari pihak Dinkes maupun dari pihak terkait. "Saya kok gak tahu ya dengan masalah itu, dan hingga saat ini masih belum ada laporan sama saya " ujar Dadang,

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo,  Abu Bakar Abdi, mencurigai pembuangan limbah B3 medis ada sabotase, "Pengamatan saya ini fada aktor semacam sabotase dari luar yang sengaja membuang limbah medis di laut untuk menjelekkan nama situbondo," Ungkap Abu usai rapat di ruang Bupati.

Ia memprediksi bahwa pembuangan limbah tersebut datangnya dari luar yang dilakukann oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Pasalnya seluruh rumah sakit sudah MoU, kasus ini adalah hal yang berat bagi polisi untuk mengungkap siapa pelaku nya.

Diberitakan sebelumnya ribuan limbah medis di pantai dusun Blumbang desa Tanjung Kamal ,kecamatan Mangaran, Situbondo Jawa Timur berserakan kurang lebih 100 hingga sampai kurang blebih 300 meter tercecer di tepi pantai membahyakan warga. (edo)

Berita Terkait Kesehatan

Tidak ada komentar: