"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 1 March 2018

Polres dan Perhutani Jember Komitmen Perangi Illegal Logging

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polres bersama ADM  Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) dan Kodim 0824 Jember Jawa Timur menyampaikan kometmennya perangi pelaku Illegal Loging.

Hal itu muncul saat sosialisasi hukum terkait tindak pidana kehutanan di Dusun Ungkalan, desa sabrang, Ambulu. “Acara ini upaya menyadarkan segaligus menegaskan akan sanksi hukum para pelaku pencurian kayu ataupun penebangan liar”, tegas  Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo Kamis (1/3/2018).

Untuk itu mereka perlu memahami beberapa mekanisme dan penjelasan tentang hukum. Karena Dusun Ungkalan, Desa Sabrang ini wilayahnya ada di tengah hutan jati “Jangan sampai warganya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum,” harapnya

Polres dan Perhutani berkomitmenmembenai lembaganya dari oknum-oknum dilapangan. “Jika nanti ternyata ditemukan ada oknum maupun masyarakat melakukan tindak pidana kehutanan, pihaknya bersama Perhutani tidak segan-segan menindak secara tebang pilih”, jelasnya.

Menurut Administratur Perhutani KPH Jember, Achmad Basuki, perhutani juga memberikan peluang kepada masyarakat setempat menjalin kerjasama untuk memanfaatkan lahan disela-sela wilayah perhutani, bahkan dengan pembagian hasil 87% untuk masyarakat dan 12 % untuk perhutani.

Basuki berharap warga yang berbatasan dengan hutan produksi seluas 3300 Ha, turut menjaga kelestarian hutan.  “Karena yang dikelola perhutani ini tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga ketika ada yang merusak, otomatis musuh rakyat, karena merebut sumber kesejahteraannya”, jelasnya. 

Acara sosialisasi hukum tindak pidana kehutanan ini diakhiri dengan pembagian bantuan sosial kepada sejumlah 200 masyarakat Dusun Ungkalan dan sekitarnya, Pemberian bantuan sosial secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH. (edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: