Translate

Iklan

Iklan

Disbunhut Jember, Siap Bagikan Bibit Gratis Kepada Masyarakat

11/21/12, 17:00 WIB Last Updated 2013-12-08T18:28:13Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebagai bentuk kepedulian dan kado HUT Kabupaten Jember Ke 84, Dinas Kehutanan dan Perkebunan akan bagikan 3.800.000 bibit gratis kepada masyarakat.


Langkah ini juga dilakukan oleh pihak Dishutbun Jember dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat serta sebagai serapan air saat musim penghujan datang nantinya.

Dikatakan oleh Kepala Dishutbun Kabupaten Jember, Ir. Totok Harijanto, bahwa bantuan bibit pohon keras ini merupakan langkah dari Dishutbun untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan-lahanm kritis yang tidak terpakai.

“Dari 3.800.000 bibit pohon tersebut tidak hanya bibit sengon saja, akan tetapi juga ada bibit Mahoni, Jabon, Pete, Durian, Mangga, Rambutan, yang kesemuanya itu bisa dimanfaatkan untuk di jual hasilnya nanti”, ungkap Totok Rabo (21/11) kepada beberapa media.

Masih menurut Totok, tak hanya untuk pemanfaatan lahan kosong saja, melalui bantuan bibit ini lahan-lahan kritis tersebut juga akan bermanfaat sebagai areal serapan air saat penghujan datang.
Selain daripada itu, Dishutbun Jember juga memberikan bantuan 500 ribu bibit kopi arabika untuk 500 Ha lahan disekitar lereng pengunungan Argopuro.

“untuk pengembangan perkebunan kopi arabika, Dihutbun juga akan memanfaatkan masyarakat sekitar lereng gunung argopuro, yaitu dengan memberikan bantuan bibit kopi arabika secara gratis sebanyak 500 ribu bibit dengan areal 500 Ha. Ini dilakukan juga untuk menekan longsor yang sering terjadi di lereng argopuro, sekaligus memberikan penghasilan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat sekitar”, tegasnya.

Tahun depan, dijelaskan oleh Totok, bahwa Pemkab Jember dalam hal ini Bupati Jember, MZA Djalal, akan meprogramkan pengembangan perkebunan kopi di Jember, yaitu dengan areal 2 ribu Ha, akan dibagi menjadi 2 Classter, yaitu Class pertama diperuntukkan bagai kebun kopi Arabika diwilayah Argopuro, dan Class kedua untuk kopi robusta, diwilayah Kec Silo.

Disamping itu juga, pada tahun 2013 sampai dengan 2015 nanti, akan ada sekitar 1000 Ha untuk pengembangan tanaman Kakao. Pengembangan kebun kakao ini, ungkapnya, juga akan berkerjasama dengan Puslitkoka Jember, PT. Indocom, dan Asosiasi petani kopi dan kakao Jember, untuk permodalan Dishutbun telah melakukan kerjasma dengan BI, dan Bank Jatim. “ini merupakan langkah serius bagi Pemkab Jember untuk menjadikan Jember sebagai pusat Agro di Jawa Timur”, kata Totok.

Sementara itu Kasubid Budidaya Kehutanan dan Perkebunan Dishutbun Jember, Ir Nana S, juga menjelaskan bahwa pemberian pohon bibit gartis ini bertujuan tidak lain adalah sebagai pemberdayaan  masyarakat dan kelompok tani dalam rangka pemanfaatan lahan kritis yang ada di Jember.

Untuk tahun 2013 nanti, akan disediakan oleh Dishutbun bibit gratis sebanyak 1 juta bibit yang kesemuanya itu telah ditanggung oleh APBD. “semuanya gratis, masyarakat tidak usah mengeluarkan biaya apapun, karena semua telah dianggarkan oleh APBD”, pungkasnya. (tgh/bds/hms/eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disbunhut Jember, Siap Bagikan Bibit Gratis Kepada Masyarakat

Terkini

Close x