Translate

Iklan

Iklan

Banser NU Ikut Amankan Ritual Nyepi Umat Hindu Banyuwangi

3/28/17, 23:00 WIB Last Updated 2017-03-29T09:17:11Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Keberagaman tampak di Dusun Patoman Tengah, Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari.  Banser Nahdlatul Ulama (NU) Selasa (28/3) bantu Pecalang amankan ritual Nyepi Umat Hindu tahun saka 1939.

Sejumlah Banser NU dan Para pecalang tampak berkeliling melakukan patroli ke banjar-banjar tempat umat Hindu yang sedang melaksanakan tapa brata penyepian. Mereka ingin memastikan bahwa kondisi saat ritual tetap tenang dan kondusif.

Di banjar Patoman tengah, Desa Patoman toleransi antar-umat beragama sangat tinggi. “Ketika kami punya acara keagamaan, Banser NU sering terlibat mengamankan acara, begitu sebaliknya,” ungkap Klian adat Patoman tengah, I Gusti Putu Sudana.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun. Warga antar umat beragama sudah hidup rukun dan damai, meskipun berbeda agama, suku dan RAS. “ Tidak pernah ada cek-cok diantara kami, dan rasa kekeluargaan diantara kami sudah terjalin cukup lama,” cetusnya

Kehadiran pasukan Banser NU tidak hanya pada peringatan nyepi, saat perayaan tawur agung kesanga dan kirab ogoh –ogoh, berpartisipasi dalam pengamanan pengendara yang menjadi rute kirab ogoh-ogoh. “ Kami sangat terbantu, inilah yang membuat Indonesia kuat,” terang I Gusti Putu Sudana

Sementara, Komandan Satkorcab Banser NU Banyuwangi, Mashud mengatakan, pengamanan yang dilakukan Banser NU tersebut adalah bagian pluralisme dalam menjaga kebersamaan di tengah keberagaman beragama. Hal ini dilakukan guna melanggengkan kerukunan antar umat beragama.

Kehadiran Banser NU, juga untuk meminimalisir warga muslim yang berlalu lalang. “ Jika ada warga muslim yang akan melintas di jalan, kami tegur dan diberi pengertian agar mencari jalur alternatif lain sehingga tidak mengganggu umat hindu yang sedang melaksanakan hari raya nyepi,” jelas Mashud

Kegiatan pengamanan bersama pecalang lanjut Mashud, bukan hanya kali ini saja. Setiap agenda kegiatan hari raya umat lain, seperti natal, Banser NU juga terlibat dalam pengamanan dengan berkoordinasi bersama TNI AD, dan Polri. Penjagaan tersebut akan dilakukan sampai perayaan nyepi selesai. (yan)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banser NU Ikut Amankan Ritual Nyepi Umat Hindu Banyuwangi

Terkini

Close x