"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 10 February 2018

IKIP PGRI Jember Siap Jadi Universitas Sain dan Teknologi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Rektor IKIP PGRI Jember menyatakan kesiapannya menjadi Universitas yang bermutu, mandiri, dan berdaya saing di bidang unggulan tehnologi Kelautan dan ikutannya.

Pernyataan itu disampaikan Rektor IKIP PGRI Jember Drs.M Fadil Djamali Msi saat Workshop "Penguatan tata kelola kelembagaan menuju perguruan Tinggi yang bermutu Tinggi" di gelar di kampus 1 IKIP PGRI Jalan Jawa nomor 10 Bumi Kampus Tegal Boto, Sabtu (10/02/2018 ).

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi – Kemenristek Dikti Dr Totok Prasetyo, B. Eng. M.T. dan Ketua Bidang monitor evalusi program hibah Kompetensi PJM - Unoversitas Brawijaya Malang Prof. Dr. Ir.Hartutik, M.P.

Menurut Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Dr. Totok Prasetyo, B. Eng.M.T. Kemenristek Dikti terus mendorong Penyelenggara Pendidikan tinggi untuk meningkatkan mutu kelembagaannya, bagi yang tidak mampu agar bergabung dengan perguruan tinggi sejenis.

“Dikti hanya memfasilitasi inisiatifnya, jika tidak mampu, mereka kita minta sukarela menggabungkan diri, suka rela untuk menyatukan diri,  ini di kami menyiapkan infrastruktur saja, dalam tanda petik kalau mau menggabungkan diri silahkan sekarang masih buka, dan semuanya dengan sistem online”, katanya.

Hal itu dilakukan menurutnya agar mutu perguruan tinggi ini makin baik makin sehat, pasalnya kecil kecil banyak itu kan lebih baik sedikit tetapi kualitasnya yang bagus, sekali lagi karena  Renstra dikti itu mendorong kelembagaan untuk peningkatan mutu adalah nomer satu,

“Namun jika ingin jadi Universitas, perguruan tinggi itu harus bermutu dan taat aturan, seperti ada 10 program studi dengan komposisi 60 : 40, jumla dosen, lahan, fasilitas lainnya, kami hanya memverifikasi. lahannya harus 1 ha dan mereka sudah menyatakan memiliki 2,5 ha dan itu mesti atas nama yayasan” Pungkasnya.

Rektor IKIP PGRI Jember Drs.M Fadil Djamali MSi menyatakan sudah siap menjadi Universitas. Sesuai visi dan misi masa Kepemimpinan periode 2015 – 2019, dirinya akan membawa IKIP PGRI menjadi Universitas yang bermutu, mandiri, dan berdaya saing di bidang unggulan tehnologi Kelautan dan ikutannya.

“Guna mendorong terwujudnya perubahan status menjadi Universitas Sain dan Tehnologi PGRI, Saya sudah mempersiapkan semua perangkatnya muilai dari Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Material dan menyesuaikan Jadwal kegiatan sesuai yang ditetapkan dalam roster Kemenristek dikti”, jelasnya.

Dalam rangka perubahan status ini sudah ada jadwalnya untuk data yang di setor kepada kopertis di jadwalkan pada bulan maret ini sudah bisa diseslesaikan untuk mendapatkan rekomendasi yang akan digunakan mengisi data secara online di Kemenristek dikti yang di jadwalkan pada bulan April dan Mei  2018.

“Kemenristek sudah kroscek data dengan realita  (visitasi ) setelah itu dengan segala perlengkapannya dan tidak lama menurut Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi - Kemenristek Dikti Jakarta pada bulan Juli 2018 hasil Visitasi Sudah Diumumkan, jadi selang waktunya tidak terlalu lama”, katanya.                         

Untuk itu persiapan perangkat pada saat ini sudah 90% dan pada awal Maret ini di arapkan  sudah 100% dan siap dibawa ke kopertis. Setelah itu diteruskan untuk mengisi data online kemenristek  dan saya mohon bantuan doa agar semua proses yang dilalui bisa berjalan lancar. (eros/gus).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: