Translate

Iklan

Iklan

Kondisi Paus Terdampar di Situbondo Semakin Memprihatinkan

3/02/18, 13:50 WIB Last Updated 2018-03-02T08:03:52Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. kondisi Ikan Paus raksasa yang terdampar di sekitar Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, semakin memprihatinkan.


Lantaran Jarak paus terdampar dari laut, kurang lebih 100 meter, dengan naik perahu para nelayan berbondong-bondong bergotong-royong mencoba menyelamatkan, namun meski sudah berusaha mencoba mengarahkan ke tengah laut, hingga kini masih belum bisa.

Meski demikian, kondisi ikan yang menurut nelayan setempat berjenis Paus bungkuk sepanjang 20 meter yang hingga kini masih hidup  ini tidak bisa bergeser ke tengah laut lepas. Diduga karena tertambat di dasar pasir laut dengan kedalaman 3 meter.

Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Situbondo yang baru tiba, langsung membantu mengevakuasi. “Ikan paus yang terdampar ini bernama paus Sperm Whale, Itu jenis langka”. Ungkap  Ketua POSSI Situbondo, Roy Hidayat memastikan.

Hingga berita ini dipublikasikan proses evakuasi melibatkan para nelayan, BPBD dan Satpolair masih berlangsung, kondisi paus yang miring dengan badan tenggelam di dasar pasir laut, diduga menjadi kendalanya, para nelayan terus menjaga agar ikan ini tetap bertahan hidup.

Menurut salah satu nelayan bahwa Pantai Jangkar memang biasanya menjadi jalur kawanan ikan hiu dan paus raksasa semacam ini. “Namun, saya baru tahu kali ini menemukan adanya jenis paus bungkuk”, kata Budi, Jumat  (2/3/2018) Siang ini.

Bahkan, menurutnya sebelumnya para nelayan, sering menemukan paus tutul melintas di perairan jangkar menuju utara Probolinggo. “Paus ini terdampar sejak, Jumat (2/3/2018) pagi dini hari, diketahui sejak nelayan hendak berangkat melaut”, jelasnya. (mam).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kondisi Paus Terdampar di Situbondo Semakin Memprihatinkan

Terkini

Close x