Translate

Iklan

Iklan

SMK di Jember Gelar Ujian Tengah Semester Berbasis Android

3/26/18, 15:58 WIB Last Updated 2018-03-26T09:23:36Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Muhamadiyah Jember membuat terobosan baru dengan melaksanakan ujian Berbasis Android, atau menggunaan smartphone.

Seorang pendidik Safrizal M Arifin,  S.pd.I menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi android ini, karena selain mudah digunakan, anak didik tidak begitu asing dan paham cara pengunaanya. “Terobosan ini dilakukan agar kedepan siswa siswi lebih paham pemanfaatan teknologi". Jelasnya saat ditemui Senin (26/3/2018).

Menurut Waka kurikulum sekolah yang akrab disebut SMK Mulia, bahwa pada Ujian Tengah Semester (UTS) berbasis Android ini masih pertama kali dilakukan. Untuk menyikapi kecurangan anak didik, pihaknya juga telah mengacak soal ataupun jawapan para siswa siswi.

Pengawasan akan dipantau melalui server utama “Ketika siswa siswi berusaha browsing google atau aplikasi lain akan diketahui. “Karena pada sistematis ini sudah terprotek dengan baik dan ketika siswa siswi melakukan Login setiap mata pelajaran baru semua berubah seketika”.

Sehingga lebih efektif, karena soal dan jawapan abjab A-E dibuat beda, sehingga meski bersebelahan tidak bisa saling contek. “Nilai ujian tiap siswa setelah 45 menit melakukan ujian langsung keluar dan bisa diumumkan kepada para siswa ataupun siswi”, pungkasnya. 

Pelaksanaan UTS selama 3 hari ini diikuti kelas 10 dan 11 dengan 3 jurusan seperti yaitu TKJ, (tehnik Komputer jaringan), TPHP, (teknologi pengolahan hasil pertanian), dan TSM, (teknik sepeda Motor).  ada 5 kelas, tiap kelas ada sekitar 25 hingga 30 siswa siswi. 

Menurut salah seorang peserta ujian Kelas 11 bernama Mohamad reza Ruti pranata jurusan TSM, menyampakan senang, selain lebih ringkas juga tidak ada contek menyontek dan tidak menggunakan kertas lagi. “Cara pengoperasiannya juga sangat mudah”,  tuturnya. 

Hal senada juga disampaikan siswi kelas 11 Dewi permata sari   "kami bersyukur karena ujian ini, karena kita semua sudah tidak asing yang namanya android ataupun smartphone dan saya pribadi sangat terbantu dengan terobosan ujian berbasis android ini”, terangnya. (eros/Lum).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMK di Jember Gelar Ujian Tengah Semester Berbasis Android

Terkini

Close x