"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 9 April 2018

Pastikan Listrik Saat UNBK Lancar, Polres Jember dan Dispendik Pantau PLN

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pastikan pasokan listrik  lancar saat pelaksanaan UNBK tingkat SMA,  PLN Area Jember menyatakan siaga 1, seperti siaga 1 lebaran dan tahun baru.

“Dipastikan tidak ada pemadaman, Demikian diungkapkan Kapolres Jember,  AKBP. Kusworo Wibowo SH., SIK., MH, beserta Kapala Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur, Cabang Jember Lutfi Isa Ansori saat memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  di sejumlah SMA, Senin (9/4/18).

Selain memantau UNBK di sejumlah sekolah, Kapolres Jember beserta Kapala Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur, Cabang Jember juga melakukan langkah preventif dengan mengecek langsung kebutuhan listrik dengan mendatangi kantor PLN Area Jember.

Jika ada gangguan, lanjutnya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Jember sudah mengantisipasi dengan menyediakan genset, sehingga ujian dijamin akan berlangsung dengan baik dan lancar hingga berakhir pada Kamis (12/4/18) lusa.  

"Kami bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Jember, sengaja melakukan pemantauan langsung ke beberapa sekolah, untuk menjaga pelaksanaan ujian berjalan dengan baik dan lancar," kata Kapolres Jember AKB. Kusworo Wibowo 

Dari pemantauan empat sekolah, pelaksanaannya cukup baik, dan rata-rata komputer cukup, sedangkan sejumlah sekolah yang tidak memiliki komputer  bergabung dengan  sekolah lain seperti di SMAN 1,” tutur Kusworo,

Hal tersebut dibenarkan Manager PLN Area Jember Ardian Egusfi, bahwa untuk pelaksaan UNBK SMA, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas. “Kami sudah berkoordinasi, dan siaganya PLN seperti siaganya lebaran dan tahun baru. Kami 24 jam menjaga agar pelaksanaan ujian berlangsung baik,” ucap Ardian.

Untuk proses pemeliharaan, pihaknya melakukan penundaan. “Apabila terpaksa harus ada gangguan, kami siaga dengan menempatkan rekan-rekan di sejumlah titik rawan, jadi jika ada gangguan langsung kami lakukan pemindahan jalur (aliran listrik) dari tempat lain,” jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi untuk wilayah pinggiran yang sering padam, ditempatkan petugas di sejumlah sekolah agar dapat segera melakukan perawatan.  “Di sekolah-sekolah kami tempatkan petugas juga, dan patroli. Sehingga bisa segera membantu untuk mengatasi aliran listrik bermasalah,” tuturnya.

Pihaknya juga telah mengantisipasi terjadinya gangguan aliran listrik, seperti cuaca buruk. “Kami  sudah mengantisipasi, tetapi terkadang ada pohon tumbang mengganggu jaringan. “Padahal sesuai standar sudah berjarak 3 meter, namun rantingnya menimpa kabel, sehingga tidak bisa diantisipasi,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Jember Lutfi Isa Ansori, menurutnya  terkait kendala listrik dan antisipasinya, pihaknya sudah mempersiapkan genset di setiap-setiap sekolah yang melaksanakan UNBK tingkat SMA.

Langkah itu, jauh-jauh hari sudah kami lakukan, selain terus berkoordinasi dengan pihak PLN. Antisipasi lain, atas izin dari provinsi, (jeda waktu pelaksanaan ujian) biasanya satu jam, kami majukan menjadi setengah jam. “Jadi jika saat sore hari di Jember ini hujan, tidak mengganggu pelaksanaan ujian,” Jelasnya.

Terkait akses internet, Sekolah-sekolah pinggiran, menggunakan pemasangan tower, tidak menggunakan jaringan speedy (internet dengan kabel biasa). Server juga kita siapkan dan ada cadangan, untuk siswa yang terpaksa tidak bisa ikut ujian, minggu depan dapat ikut susulan,” pungkapnya. (edw).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: