Translate

Iklan

Iklan

Ratusan Peserta UNBK Di Jember Mengundurkan Diri

4/13/18, 21:28 WIB Last Updated 2018-04-13T14:56:21Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) Jember, mundur dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

 "Sejak digelar 9-12 April 2018, tidak mengikuti dengan berbagai alasan, padahal mereka sudah masuk daftar nominasi peserta ujian yang ditetapkan sejak Desember 2017," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jember Lutfi Isa Anshori, Jum'at (13/4) dikantornya.

Menurutnya dari 7664 peserta, jumlah siswa SMA Negeri maupun swasta yang mengundurkan diri sebagai peserta UNBK sebanyak 24 siswa, sedangkan SMK 103 siawa, dari data Kementerian Agama Jember jumlah siswa MA yang mengundurkan diri sebanyak 38 siswa dari 5.867 peserta yang tersebar 96 lembaga.

"Sebenarnya dilema bagi kami terkait dengan siswa yang mengundurkan diri sebagai peserta UNBK karena memang sejak awal siswa yang bersangkutan jarang masuk sekolah, namun tetap didaftarkan sebagai peserta UNBK," tuturnya.

Apabila tidak didaftarkan, dikhawatirkan siswa tersebut sewaktu-waktu mengikuti ujian,  karena jika tidak masuk nominasi tidak bisa ikut UNBK. "Kami serba salah, kalau didaftarkan, terlihat banyak siswa yang tercatat mengundurkan diri, namun kalau tidak didaftarkan, dikhwatirkan tidak bisa ikut UNBK," Jelasanya.

Ini persoalan klasik yang terus terjadi setiap tahun, karena kultur budaya dan masih rendahnya kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan. "Sebagian anak yang mengundurkan diri, biasanya dinikahkan orang tuanya atau memang atas kemauan anak tersebut, kasus seperti itu setiap tahun selalu terjadi," ujarnya.

Lebih lanjut Lutfi Isa Anshori, menambahkan bahwa sekitar 63 Siawa akan Ikuti Ujian Susulan, karena peserta tersebut yang tidak ikut ujian dikarenakan sakit dan Compiuter eror  “Untuk siswa SMK sebanyak 36 siswa, sedangkan untuk siawa SMA sebanyak 27 siswa”, lanjutnya.

Jumlah peserta UNBK SMA di Jember sebanyak 7.664  siswa yang tersebar di 60 lembaga SMA dan peserta UNBK MA sebanyak 5.867 siswa yang tersebar di 96 madrasah, sedangkan peserta UNBK SMK sebanyak 12.222 siswa yang tersebar di 160 lembaga. (edw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Peserta UNBK Di Jember Mengundurkan Diri

Terkini

Close x