"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 28 July 2018

Kodim 0824 dan DP3AK Jember Gelar Operasi Pemasangan Kontrasepsi Gratis

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kodim 0824 Bekerjasama DP3AK, Jember, Sabtu (28/07/2018) pagi gelar Operasi Pemasangan Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) gratis di Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS).

Kegiatan operasi KB jenis Kontrasepsi Medis Operatif Wanita (MOW) dan Medis Operatif Pria (MOP) yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AK) Jember ini merupakan program TNI Manunggal KB dan Kesehatan (TMKK).

Tampak hadir, Staf Ahli Bupati  Bidang Pembangunan Perekonomian dan Keuangan Moh Thamrin, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Arm M Ismuni, Waluyo Ajeng Lukitowati Kabid KB DP3AK Jawa Timur, Kepala DP3AK Jember Ita Poeri Andayani, Kabid Dalduk DP3AK Jember Riyadi Budi Tjahjono.

Menurut Thamrin, kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. “Melalui kerjasama ini, PLKB dibantu Babinsa ditingkat desa memberikan sosialisasinya kepada masyarakat sehingga tingkat partisipasi semakin tinggi”, jelasnya.

Sasaran program ini menurut Waluyo Ajeng Lukitowati adalah  keluarga kurang mampu yang tidak memiliki kartu BPJS. “Target Jatim Tahun 2018 ini untuk MOP 19 ribu dan MOP 900.“Alahamdulillah Jember jadi penyumbang akseptor terbanyak, ini tentunya berkat kesadaran masyarakatnya.

 Sementara Riyadi Budi Tjahjono menyampaikan bahwa layanan ini tahap kedua. “Untuk tahun ini kita ditarget 758 akseptor namun hingga akhir tahun nanti kita akan tingkatkan pencapaian menjadi 950 karena peminatnya relatif banyak dengan perincian MOW 900 Akseptor dan MOP 50 Akseptor”, katanya.

“MOP Tahun lalu 336 akseptor dan MOP 30 Akseptor sedangkan hari ini kita laksanakan untuk MOW 280 Akseptor dan MOP 40 Akseptor, kerjasama ini sangat membantu sekali karena dari tingkat Babinsa, Danramil dan seterusnya selalu membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Untuk pemasangan kontrasepsi KP jenis MOP dan WOU pada tahun 2018 ini dilakukan oleh dr Yudi Andriansyah, Sp. OG (TNI AU) serta dibantu oleh dr Yudha, dr Sofyan, dr Lutfi, dr Zekson Alfian dan perawat sebanyak 89 orang”. Tututnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang sedang melaksanakan kegiatan dinas di Jakarta saat dikonfirmasi menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat memonitor kegiatan secara langsung.

Disamping itu dirinya menyampaikan  salam hormayt kepada dr Yudi Ardiansyah, SP.OG dan para Dokter lainnya. “Kegiatan  merupakan implementasi dari kesepakatan tingkat pusat dalam rangka membantu pemerintah dalam memasyarakatkan KB”, katanya.

Hal tersebut merupakan bagian dari tugas pokok TNI dalam upayanya pertahanan negara dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk, dengan demikian kebutuhan pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja, terpenuhi dan kesejahteraan rakyat akan terwusjud. (sis24/eros).

Berita Terkait Kesehatan

No comments: