Translate

Iklan

Iklan

BMKG Luncurkan Aplikasi Cerdas Pemantau Cuaca di Lokasi Asian Games

8/17/18, 23:33 WIB Last Updated 2018-08-17T16:54:34Z
Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna menyukseskan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) luncurkan Aplikasi Cerdas pantau cuaca.

Aplikasi berbasis teknologi hasil kerjasama BMKG bersama Esri Indonesia ini guna memantau kondisi cuaca secara detail cuaca di setiap venue pertandingan, seperti prediksi cuaca, suhu, kelembapan, kecepatan, dan arah angin di setiap lokasi pertandingan dalam format yang mudah dipahami.

BMKG bertanggungjawab menyediakan data cuaca maupun prediksi cuaca secara realtime (hasil observasi-red), untuk keselamatan dan kelancaran event/lomba yang terpapar cuaca, seperti olahraga air dan paralayang, Demikian disampaikan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Kamis (16/8/2018).

BMKG lanjtnya juga melakukan pemantauan polutan untuk mengantisipasi kabut asap di sekitar venue Jakabaring Sport City Palembang, pasalnya  cuaca ekstim dapat muncul sewaktu-waktu, sehingga perlu pantauan BMKG secara kontinyu dengan peringatan sedini mungkin.

“Selama Asian Games, tantangan BMKG adalah menyediakan informasi cuaca yang tidak hanya bersifat umum untuk kota-kota di seluruh Indonesia, namun juga lebih detail hingga titik-titik lokasi pertandingan cabang olahraga" ungkap Dwikorita di Jakarta

Informasi yang akurat dan terintegrasi akan membantu para atlet olahraga di area terbuka, seperti dayung, baseball, softball, panahan, rugby, hoki, dan renang , termasuk panitia dan keamanan mengantisipasi kondisi alam saat itu.  "Inilah yang mendorong kami mengembangkan aplikasi ini," imbuhnya.

Pusat Data BMKG telah dilengkapi data satelit, stasiun cuaca, dan sensor. “Melalui integrasi Teknologi Big Data di BMKG dan Cloud dari ArcGIS online milik Esri, diproses menjadi data realtime setiap lokasi, Aplikasi ini juga memiliki format mobile (Android) dan dynamic web, sehingga mudah diakses”, jelasnya.

Sementara itu, CEO Esri Indonesia, Dr. Achmad Istamar menuturkan teknologi ini memungkinkan otomatisasi pengolahan data dari pusat data BMKG menjadi real-time service berbasis spasial. Kolaborasi BMKG dan Esri ini merupakan pegembangan dari implementasi teknologi spasial yang sudah berjalan selama ini.

"Esri Indonesia berkomitmen mendukung BMKG dalam mewujudkan lompatan inovasi teknologi 4.0. yg sejalan dengan Revolusi Industri 4.0. Dengan kemampuan ini, maka bagi peserta kegiatan dapat memiliki informasi  yang khusus untuk lokasi kegiatannya secara mudah dan cepat," jelas Achmad Istamar.

Achmad Istamar menambahkan bagi para kontingen dari 45 negara peserta Asian Games tahun ini, informasi cuaca saat ini dan prediksi dapat digunakan dalam menentukan strategi untuk mengoptimalkan hasil lomba atau pertandingan. (*).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BMKG Luncurkan Aplikasi Cerdas Pemantau Cuaca di Lokasi Asian Games

Terkini

Close x